Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KKP Akhirnya Dapat WTP, Menteri Susi Akui Deg-degan

Kompas.com - 12/06/2019, 20:58 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Laporan keuangan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akhirnya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) untuk laporan keuangan tahun 2018.

Padahal pada 2 tahun sebelumya, Kementerian yang dipimpin oleh Menteri Susi Pudjiastuti itu terus menerus mendapatkan opini disclaimer atau Tidak Menyatakan Pendapat (TMP).

Melihat rekam jejak itu, menteri nyentrik asal Pangandaran, Jawa Barat itu memberikan pengakuan sebelum hasil audit BPK 2018 keluar.

Baca juga: Laporan Keuangan KKP Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK

“Saya rasa seluruh kementerian, baik eselon 1, 2, 3, dan staf itu setahun ini dag-dig-dug terus Pak semuanya," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

"Saya bilang, ya kalian yang melaksanakan program-program pemerintah ya bagaimana kok bisa disclaimer. Pasti ada yang salah," sambung dia.

Susi mengakui terus menerus "menekan" jajaran KKP agar memperbaiki pengunaan anggaran tahun lalu 2018. Akhirnya, kata dia, hal itu terbukti.

"Terbukti, hasilnya pun dapat dirasakan tahun ini (meraih WTP),” kata dia.

Baca juga: Susi Pudjiastuti Siap Jadi Menteri Lagi

Menteri Susi menyatakan bahwa capaian itu tak lepas dari upaya KKP untuk terus melakukan efisiensi anggaran dalam empat tahun terakhir.

Hasilnya, dalam empat tahun terakhir KKP dapat mengembalikan Rp 9,3 triliun kepada negara.

Meski begitu, Susi mengakui masih banyak PR yang harus dilakukan dalam efisiensi dan efektivitas anggaran. Ia memastikan KKP akan terus mengupayakan hal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com