Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cadangan Devisa RI Turun Jadi 120,3 Miliar Dollar AS di Mei 2019

Kompas.com - 13/06/2019, 10:46 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memastikan cadangan devisa Indonesia pada akhir Mei 2019 masih tinggi, sebesar 120,3 miliar dollar AS.

Meski begitu, nilainya masih lebih rendah dibandingkan dengan posisi akhir April 2019 yang sebesar 124,3 miliar dollar AS.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,9 bulan impor atau setara 6,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Baca juga: Turun Tipis, Cadangan Devisa RI Akhir April 2019 124,3 Miliar Dollar AS

"Serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," ujar Onny dalam keterangan tertulis, Kamis (13/6/2019).

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Onny menambahkan, penurunan cadangan devisa pada Mei 2019 terutama dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Selain itu juga berkurangnya penempatan valas perbankan di Bank Indonesia sebagai antisipasi kebutuhan likuiditas valas terkait siklus pembayaran dividen beberapa perusahaan asing dan jelang libur panjang lebaran.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai dengan didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik," kata Onny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com