Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan, Donasi Digital di 3 Platform Ini Telah Capai Rp 11,5 Miliar

Kompas.com - 13/06/2019, 16:46 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Program donasi digital dalam kampanye berbagi yang diselenggarakan Grab, Ovo, dan Tokopedia telah mencapai Rp 11.501.308.774 sejak dimulai pada 2 Mei 2019 lalu.

Director OVO Setiawan Adhiputro mengatakan, pencapaian ini tak lepas dari dukungan masyarakat Indonesia yang rela memberikan sebagian harganya melalui 3 platform digital, yaitu OVO, Grab, dan Tokopedia.

"Pencapaian ini tak lepas dari dukungan rakyat Indonesia dalam membantu program donasi ini. Dengan partisipasi mereka, kita bisa kumpulkan angka yang luar biasa. Apalagi kami percaya, donasi menggunakan platform digital akan berdampak pada perputaran yang lebih cepat," kata Setiawan Adhiputro di Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Baca: Donasi Para Miliarder Dunia Merosot, Ada Apa?

Nantinya, donasi yang diselenggarakan hingga tanggal 6 Juni ini akan didistribusikan untuk anak yatim, dhuafa, dan tidak mampu oleh Rumah Yatim. Donasi yang diberikan berupa bantuan pendidikan seperti parsel perlengkapan sekolah dan bantuan beasiswa.

Wawan, sapaan akrabnya, mengatakan, bidang pendidikan dipilih karena pendidikan merupakan elemen yang paling penting untuk kemajuan bangsa. Terlebih, Berdasarkan survei Sosial Ekonomi Nasional Tahun 2017, masih terdapat 4,4 juta anak Indonesia belum memiliki jaminan pendidikan.

"Karena paling penting untuk kemajuan bangsa, sehingga kami yakin donasi ini juga bisa berkontribusi memajukan bangsa," ucapnya.

Direktur Utama Rumah Yatim Nugroho B. Wismono menambahkan, bidang pendidikan mampi memutus rantai kemiskinan. Apalagi, pihaknya telah melakukan pendataan terkait kebutuhan penerima manfaat.

"Kalau kita lihat kebutuhan penerima manfaat ada dua, yaitu perlengkapan sekolah dan beasiswa. Apalagi murid-murid akan menyambut tahun ajaran baru. Lalu, ada biaya-biaya yang bel bisa tercover oleh pemerintah seperti uang saku dan buku pelajaran," kata Nugroho B. Wismono di Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Untuk gelombang ke dua, donasi akan disalurkan untuk lebih dari 30.000 anak yatim, dhuafa, dan kurang mampu. Sementara, penyaluran donasi gelombang pertama sudah disalurkan ke 4.131 anak di 30 kota saat donasi baru terkumpul Rp 1,5 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com