Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkah Perang Dagang, Investasi di Penang Melonjak 1.360 Persen

Kompas.com - 14/06/2019, 05:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Bloomberg

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Negara bagian Penang di Malaysia menikmati berkah dari perang dagang antara AS dan China. Sebab, negara bagian tersebut menjadi tempat berlabuh investor global yang menghindari tensi perang dagang.

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (14/6/2019), penanaman modal asing ke sektor manufaktur di Penang melonjak 1.360 persen menjadi 8,47 miliar ringgit atau setara sekira Rp 28,5 triliun pada kuartal I 2019 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kepala Menteri Penang Chow Kon Yeow menyatakan, Pennag diuntungkan karena memiliki basis talenta yang kuat dan kebijakan publik yang mendukung.

Penang sendiri menjadi rumah bagi perusahaan-perusahaan global seperti Intel Corp dan Dell Technologies Inc. PMA di Penang menyumbang 42 persen dari PMA manufaktur Malaysia.

Baca juga: Meksiko dan Vietnam Jadi Negara yang Paling Diuntungan dalam Perang Dagang

Investasi terbaru yang masuk ke Penang tersebut termasuk perusahaan semikonduktor AS, Micron Technologies Inc. Perusahaan tersebut membangun pusat perakitan dan pengujian di Penang.

Ada pula perusahaan Jabil Circuit Inc asal AS pula yang membeli lahan seluas 8 hektare untuk memperluas pabriknya.

"Malaysia menuai manfaat dari relokasi bisnis serta pengalihan perdagangan dan investasi yang disebabkan oleh perang dagang," jelas Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng.

Baca juga: AS Pantau Mata Uang Malaysia, Vietnam, dan Singapura, Ada Apa?

Lim menyebut, peningkatan investasi dan produksi industrial memberi sinyal pertumbuhan ekonomi Malaysia yang sehat pada kuartal II 2019.

Namun demikian, Chow mengaku dirinya khawatir bahwa lonjakan investasi tersebut bisa saja tidak berulang di kuartal II maupun kuartal III 2019. Sebab, meski beberapa perusahaan memperoleh manfaat dari perang dagang, tidak sedikit pula yang terdampak secara negatif lantaran konsumen cenderung wait and see.

"Outlook investasi Penang tetap dalam jalur yang tepat dalam jangka menengah hingga panjang," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com