Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

600 Perusahaan Surati Trump, Peringatkan Dampak Perang Dagang

Kompas.com - 14/06/2019, 07:32 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNN

NEW YORK, KOMPAS.com - Berbagai peritel, perusahaan manufaktur, hingga perusahaan teknologi memberi peringatan kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengenai perang dagang yang terjadi antara kedua negara, yaitu AS dan China.

Seperti dikutip dari CNN, Jumat (14/6/2019), mereka mengatakan, tarif impor yang diterapkan kepada China bakal merusak perekonomian Amerika Serikat, membuat lapangan kerja bakal terancam dan merugikan konsumen.

Lebih dari 600 perusahaan dan asosiasi industri perdagangan, termasuk Walmart, Costco, Target, Gap, Levi Strauss dan Foot Locker menuliskan surat kepada Trump untuk mengakhiri bea masuk yang diberikan kepada China serta menyelesaikan perang dagang yang sedang terjadi.

Baca juga: Hindari Tarif Perang Dagang, Eksportir China Beri Label Produk Made in Vietnam

"Kita tahu penambahan tarif bisa memberikan dampak yang signifikan, negatif, dan jangka panjang terhadap jalannya bisnis di Amerika, juga berdampak pada para petani, keluarga serta perekonomian AS secara keseluruhan," tulis surat tersebut.

"Meningkatnya keteganganperang dagang bukanlah keentingan terbesar dari negara, dan kedua belah pihak bakal kalah," lanjut mereka.

Bulan lalu, pemerintahan Trump telah menaikkan tarif menjadi 25 persen dari yang sebelumnya 10 persen untuk 200 miliar dollar AS produk asal China. Tarif tersebut berlaku untuk produk-produk konsumer mulai dari koper, kasur, tas, sepeda, vacuum cleaner, hingga pendingin ruangan.

Trump pun telah mengancam bakal menambah target tarif untuk 300 miliar dollar AS produk impor asal China lainnya termasuk mainan, pakaian, sepatu, peralatan rumah tangga, dan televisi.

Baca juga: Sektor Ritel AS Mulai Terdampak Perang Dagang

"Tarif merupakan pajak yang dibayarkan langsung oleh perusahaan AS, bukan oleh China," tulis 600 perusahaan tersebut kepada Trump.

"Naiknya tarif serta ketidakpastian dalam negosiasi perdagangan telah membuat guncangan di pasar dan mengancam pertumbuhan ekonomi secara historis," lanjut mereka.

Kantor Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat bakal mengadakan dengar pendapat mengenai usulan tarif tambaham mulai Senin pekan depan. Koalisi bisnis yang menolak tarif, Tariffs Hurt the Heartland, mengorganisasikan surat kepada Gedung Putih terkait dengar pendapat tersebut.

Koalisi tersebut berisikan perusahaan-perusahaan dari sektor ritel, teknologi, mnufaktur hingga pertanian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com