Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jangan Bayangkan Ibu Kota Baru Akan Seperti Jakarta..."

Kompas.com - 17/06/2019, 11:04 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke daerah baru belum memiliki perkembangan berarti. Setidaknya ada tiga daerah yang disebut menjadi kandidat ibu kota baru, yakni Bukit Soeharto, Bukit Nyuling, dan Kawasan Segitiga Palangkaraya yang ketiganya berada di Pulau Kalimantan.

Presiden Joko Widodo menilai bahwa kondisi infrastruktur di Kalimantan, khususnya di bagian timur, cocok untuk menjadi calon ibu kota baru Indonesia. Bahkan, nama Kalimantan Timur sudah muncul dalam studi sekitar 1,5 tahun ini. 

Tiga alasan Jokowi melirik Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru ialah infrastruktur yang lengkap, fasilitas umum yang mendukung, serta terpisah dari pusat ekonomi dan bisnis.

Ya, pemerintah memimpikan nanti pusat ekonomi dan bisnis tetap di Jakarta, sementara ibu kota baru nanti hanya berfungsi sebagai pusat pemerintahan.

Baca juga: Mempertanyakan Alasan Pemindahan Ibu Kota

Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang P.S. Brodjonegoro saat wawancara di Kantor Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2019).KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang P.S. Brodjonegoro saat wawancara di Kantor Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2019).
Kompas.com berkesempatan mewawancarai Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro di kantornya, Kamis (13/6/2019).

Berikut perbincangan Kompas.com dan Bambang mengenai update rencana pemindahan ibu kota:

Perkembangan pemindahan ibu kota sudah sejauh apa? Sudah fix di Bukit Soeharto di Kalimantan Timur?

Sekarang sedang pengujian fisik di calon-calon lokasi untuk memastikan ketersediaan air, mengenai potensi banjir, mengenai kualitas tanah. Intinya pengujian fisik untuk kemudian nanti jadi pertimbangan bapak presiden untuk menentukan lokasi finalnya.

Jadi masih ada beberapa opsi tempat ya?

Iya beberapa opsi. Bukit Soeharto kan satu dari tiga (calon ibu kota baru. Dua lainnya adalah Bukit Nyuling, Gunung Mas di Kalimantan Tengah, serta Kawasan Segitiga Palangkaraya)

Kalau misalnya jadi di Bukit Soeharto, kan banyak yang mempermasalahkan soal lingkungan. Bagaimana menanggulanginya?

Pernah ke Bukit Soeharto? Saya kok enggak lihat itu hutan lindung. Sudah banyak dikerjakan oleh masyarakat. Ada sawitnya, sawitnya rapi, lho. Sawit ditanam rapi. Ini hutan lindung atau perkebunan sawit?

Artinya justru kalau lokasinya di sana tujuannya merevitalisasi hutan lindung tersebut. Hutan lindung kok ada kebun sawitnya. Kok ada rumah penduduk dan segala macam? Itu saya lihat langsung dari jalan tol.

Jadi, justru kita akan rapikan di situ. Dan kita kan bisa mengembangkan konsep forest city, itu sudah diusulkan juga oleh Kaltim. Kalau dibangun di daerah situ, kalau bisa konsepnya forest city, kota tapi nuansanya hutan.

Baca juga: Bappenas: Indonesia Bakal Jadi Negara Berpendapatan Menengah ke Atas

Jakarta kan ada daerah penyangga seperti Bekasi, Depok, Bogor. Nanti ibu kota yang baru akan dibuat seperti itu (punya daerah penyaangga) tidak?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com