Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Penerbangan Murah Turun, Efektif Pekan Depan

Kompas.com - 20/06/2019, 15:34 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan akan menurunkan harga tiket pesawat penerbangan murah atau low cost carrier (LCC) dengan jadwal tertentu.

Namun, penurunan harga tiket pesawat LCC tersebut baru akan efektif pada pekan depan.

"Pelaksanaan dari kebijakan ini baru akan dilaksanakan efektif seminggu kemudian setelah diumumkan oleh masing-masing maskapai terkait," ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Darmin menjelaskan, penurunan harga tiket pesawat ini hanya berlaku untuk penerbangan domestik saja. Selain itu, penurunan harga tiket ini juga hanya berlaku di jadwal-jadwal tertentu saja.

Baca juga: Pemerintah Akan Turunkan Tarif Penerbangan LCC

"Tentu karena penerbangan tertentu saja yang dapat keringanan itu ada batasnya. Kalau misalnya (penurunan harga untuk penerbangan) siang, ya berarti enggak bisa milih (penerbangan) pagi," kata Darmin.

Darmin mengaku pemerintah dalam mengambil keputusan ini pun telah mempertimbangkan keberlangsungan industri penerbangan nasional. Dia tak ingin kebijakan yang diambil pemerintah membebani para maskapai.

"Kita melihat dengan ini menjawab harapan masyarakat untuk bisa terbang dengan biaya yang lebih terjangkau, tapi maskapainya juga suistanbility-nya terjaga," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com