Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Garasi di Rumah? Gunakan untuk Berbisnis ini

Kompas.com - 23/06/2019, 11:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Memulai sebuah bisnis memerlukan banyak pertimbangan. Setelah itu, Anda juga harus memikirkan tentang pengelolaan dana dan beberapa bisnis membutuhkan tempat khusus untuk menjalankannya.

Jadi, jauh-jauh hari Anda juga harus memperhitungkan total pengeluaran yang harus Anda sisihkan saat akan memulai bisnis impian Anda. Belum lagi jika lokasi untuk bisnis Anda ini sulit di dapat dengan harga yang terjangkau.

Anda tentu tahu sendiri biaya sewa untuk satu tempat pasti sangat mahal bukan? Contohnya, jika punya bisnis menjahit, tentu Anda butuh tempat khusus untuk menaruh segala macam kebutuhan menjahit, seperti mesin jahit, jarum, gunting, pita ukur, dan lain-lain.

Sangat tidak memungkinkan jika Anda meletakkannya di rumah apalagi jika Anda memiliki anak balita. Berbahaya dan sangat tidak efektif bukan?

Tapi, kabar baiknya ada beberapa bisnis yang bisa Anda rintis dengan memanfaatkan garasi rumah Anda. Apa saja bisnis tersebut? Yuk, simak ulasan berikut seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bisnis Salon Pangkas Rambut

Memulai bisnis pemangkasan rambut di garasi rumah? Siapa takut! Ini akan menjadi bisnis yang cukup menjanjikan untuk Anda.

Selain tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat, Anda juga bisa lebih leluasa karena berada di lingkungan rumah sendiri. Selama Anda memiliki keahlian di bidang pemangkasan rambut.

Tentu akan banyak tetangga dan kenalan yang berdatangan. Sebaiknya tata dan dekorasi ulang garasi menjadi lebih bersih dan menarik untuk dilihat. Pasti banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya tempat tersebut adalah sebuah garasi.

2. Bisnis Agen Pengiriman Barang

Untuk memulai bisnis ini sangat mudah. Anda hanya perlu menghubungi perusahaan pengiriman barang.

Setelah melengkapi semua persyaratan Anda sudah bisa mulai menerima barang. Tanpa membutuhkan kehlian yang khusus.

Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot menyiapkan banyak keperluan. Anda hanya membutuhkan meja, kursi, PC, internet, dan sedikit merapikan ruangan Anda. Praktis sekali, bukan?

3. Bisnis Agen Pulsa

Jika punya garasi kosong, Anda bisa mencoba bisnis sebagai agen pulsa. Saat ini semakin banyak orang yang membutuhkan pulsa dan kuota internet untuk kebutuhan sehari-hari.

Jika Anda seorang ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu di rumah sebaiknya Anda mencoba bisnis ini, apa lagi kalau lingkungan di tempat tinggal Anda belum ada agen pulsa.

4. Bisnis Tempat Fotokopi

Jika Anda ingin membuka bisnis tempat fotokopi, tentu akan sangat menguntungkan. Terlebih lagi jika Anda tinggal di daerah yang dekat dengan sekolah, kantor, kampus, atau tempat ramai.

Anda hanya perlu menyiapkan mesin fotokopi dan pemotong kertas yang besar. Mengantisipasi jika sewaktu-waktu Anda mendapat pesanan fotokopi dalam jumlah yang sangat banyak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com