Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Bekerja "Freelance," Pertimbangkan 4 Hal Ini Dulu

Kompas.com - 24/06/2019, 16:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Bekerja lepas alias freelance kini bukan menjadi profesi yang aneh. Tidak sedikit orang mengincar pekerjaan freelance lantaran jam kerja yang fleksibel, menjadi bos bagi diri sendiri, dan fleksibilitas kerja yang maksimal.

Pekerjaan sebagai freelancer pun saat ini banyak dipilih oleh generasi millenial yang enggan terikat oleh waktu atau aturan korporat. Tidak hanya itu, banyak juga ibu rumah tangga yang tetap memperoleh penghasilan dengan bekerja sebagai freelancer di rumah.

Nah, bagi Anda yang ingin bekerja secara freelance juga, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal sebelumnya. Tujuannya agar Anda dapat mempersiapkan mental Anda sebelum resmi menjadi pekerja lepas.

Baca juga: Pekerjaan Freelance Jadi Solusi Keterbatasan Lapangan Kerja

Dilansir dari Cosmopolitan UK, Senin (24/6/2019), ada setidaknya 4 hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan bekerja freelance. Berikut ini uraiannya.

1. Apakah Anda punya sistem dukungan yang cukup?

Sistem dukungan alias support system sangat dibutuhkan bagi Anda yang bekerja freelance. Sebab, pekerjaan ini kerap membuat seseorang kesepian lantaran hampir selalu bekerja sendirian tanpa ada rekan kerja.

"Bekerja sendirian bisa membuat Anda kesepian, sehingga penting untuk memiliki jaringan dukungan yang terdiri dari orang-orang atau teman-teman yang memiliki waktu luang untuk bertemu dengan Anda selama Anda bekerja," jelas Sarah Hughes, seorang freelancer di industri periklanan.

Hughes menyebut, keluarga dan sahabat juga merupakan sistem dukungan Anda. Oleh karena itu, jika memungkinkan, jangan segan bekerja di malam hari atau akhir pekan agar bisa leluasa bertemu dengan orang-orang terdekat Anda.

Baca juga: Fenomena Pekerja Freelance Tak Sesuai Jurusan Kuliah Sudah Lama Marak

2. Apakah Anda cermat mengatur keuangan?

Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan, banyak hal-hal finansial yang rumit sudah ditanggung oleh perusahaan, misalnya pajak penghasilan, asuransi, hingga tunjangan. Hal-hal semacam itu kemungkinan besar harus Anda tanggung sendiri ketika bekerja freelance.

Hughes menjelaskan, tidak tertutup kemungkinan Anda harus membayar pajak sendiri atas penghasilan yang diperoleh sebagai freelancer. Oleh karenanya, jadilah wajib pajak yang baik.

"Sebagai freelancer, Anda harus bertanggung jawab pada pajak Anda sendiri. Selalu bayar pajak tepat waktu dan potong penghasilan Anda sebagai pajak. Ini memungkinkan Anda dapat menanbung dalam jumlah yang tepat dan tak terkejut saat tahun fiskal berakhir," terang dia.

Selain itu, Anda pun harus menyisihkan penghasilan untuk asuransi hingga dana pensiun. Pun Anda tak memiliki cuti yang ditanggung perusahaan. Oleh sebab itu, lakukan penghitungan dengan cermat ketika menerima penghasilan Anda.

Baca juga: Ingin Sukses Bekerja dari Rumah? Perhatikan 4 Hal Ini

3. Apakah jejaring Anda cukup?

Apabila Anda telah memiliki jejaring yang luas sebelum mulai bekerja freelance, maka ini adalah hal yang bagus. Namun, jika belum, Hughes menyarankan Anda untuk bekerja keras membangun jejaring.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com