Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Jangan Kenakan 7 Jenis Busana Ini saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 26/06/2019, 12:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Salah satu bagian yang mendebarkan saat melamar pekerjaan adalah mempersiapkan diri untuk wawancara dengan pihak perusahaan. Perlu diingat, busana yang Anda kenakan saat wawancara haruslah mencerminkan profesionalitas.

Anda tak perlu mengenakan busana yang sedang menjadi tren teranyar. Namun, busana yang Anda kenakan haruslah mengomunikasikan kepercayaan diri dan etos kerja yang baik.

"Hari-hari di mana harus mengenakan jas atau rok untuk wawancara kerja sudah berakhir," kata Marc Cenedella, CEO situs pencarian lowongan kerja Ladders seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (26/6/2019).

Cenedella menyarankan Anda menghubungi pihak perusahaan sebelum wawancara kerja atau tim HR untuk memperoleh informasi mengenai busana yang biasanya dikenakan pegawai di perusahaan itu.

Baca juga: Pentingkah Memperhatikan Penampilan ketika Wawancara Kerja?

Nah, berikut ini adalah 7 jenis busana yang sebaiknya tidak Anda kenakan untuk wawancara kerja.

1. Busana yang mudah kusut

Tidak bisa ditawar lagi, Anda harus menyeterika busana di malam hari sebelum wawancara kerja.

"Pastikan (busana Anda) bersih, tidak kusut, dan Anda merasa busana itu menampilkan sisi terbaik Anda. Sebab, orang-orang membuat asumsi tentang Anda sebelum Anda duduk di dalam ruangan dan mulai berbicara," ujar Betsy Aimee, produser konten digital tentang mode di tempat kerja dan kewirausahaan.

2. Busana yang tidak pas dan bernoda

Hindari mengenakan busana yang terlalu ketat, kebesaran, atau ada nodanya. Pasalnya, busana yang Anda kenakan saat wawancara kerja haruslah membuat kepercayaan diri Anda meningkat.

Oleh karenanya, jangan mengenakan busana yang membuat Anda tidak nyaman. Pastikan juga Anda tidak "salah kostum."

"Beberapa kesalahan yang paling banyak dibuat ketika berbusana untuk wawancara kerja adalah mengikuti saran lama dan ketinggalan zaman atau tidak melakukan riset maupun bertanya tentang budaya perusahaan," ujar Cenedella.

Faktanya, datang dengan mengenakan jas atau rok formal ketika semua orang mengenakan celana jins dapat merugikan proses wawancara kerja Anda. Ini menunjukkan anda tidak cocok dengan budaya perusahaan.

Baca juga: Mau Wawancara Kerja? Simak Tips Pilih Busana dari Pakar Mode Ini

3. Mengenakan busana warna cerah

"Jika Anda berangkat dengan menumpang moda transportasi publik atau punya kebiasaan menumpahkan kopi pada kemeja Anda, hindari mengenakan busana warna cerah," saran Barbara Pachter, penulis buku The Essentials of Business Etiquette.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com