Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag Berikan Penghargaan kepada Desainer

Kompas.com - 26/06/2019, 19:51 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementrian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) kembali memberikan anugerah penghargaan kepada para desainer yang memenangkan Good Design Indonesia (GDI) tahun 2019 hari ini, Rabu (26/6/2019).

Adapun penghargaan tersebut diberikan kepada 30 pemenang, 14 GDI Best, dan 1 GDI of The year dari 421 produk yang terdaftar dalam GDI 2019. 

"Saya sangat apresiasi kepada dewan pengarah dan dewan juri. Saya juga memberikan apresiasi kepada para pemenang, karena dalam perjalanannya membuat produk tidak mudah," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementrian Perdagangan - Arlinda di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Arlinda mengatakan, para pemenang telah dipilih berdasarkan dari 3 penilaian utama, yaitu market oriented, inisiatif, dan kreativitas.

Baca juga: Kemendag Tetapkan Harga Eceran Tertinggi Bawang Putih Rp 32.000 Per Kg

"Ada 3 penilaian, yaitu market oriented yang nantinya bisa meningkatkan ekspor, serta inisiatif dan kreativitas dalam pembuatan produk yang bisa meningkatkan nilai tambah," kata Arlinda.

Selain itu, para pemenang juga berkesempatan untuk mewakili produk ekspor Indonesia di mancanegara, salah satunya Jepang. Sebab, kata Arlinda, ajang ini memang ditandingkan untuk kerjasama dengan Jepang.

"Nanti akan dipertandingkan di ajang G-Mark di Jepang. Kalau tahun lalu ajang G-Mark itu diikuti oleh lebih dari 4.000 produk. Dari 14 pemenang GDI tahun lalu, 5 produk masuk dalam G-Mark Best 100 dan 1 produk masuk menjadi Best 20. Semoga tahun ini juga bisa menorehkan prestasi yang lebih baik," kata Arlinda.

Arlinda pun berpesan para pemenang hendaknya mampu melakukan tindak lanjut dari kemenangannya. Tindak lanjut itu berupa membuat desain produk yang berorientasi ekspor ke pasar mancanegara.

"GDI adalah lomba desain produk yang berorientasi ekspor ke pasar mancanegara, khususnya Jepang. Jadi kami tekankan sekali lagi bukan hanya mendapat sertif dan trofi, tapi yg paling penting adalah tindak lanjut para pemenang dalam ekspor," katanya.

Sebagai informasi, Good Design Indonesia (GDI) adalah lomba desain produk yang berorientasi ekspor ke pasar mancanegara, khususnya Jepang. Tahun ini, GDI diikuti oleh 421 produk, meningkat 66 persen dari pendaftar tahun 2018 sebesar 253 produk.

Terdapat 16 kategori yang dipertandingkan, antara lain healthcare, home furniture, mobility, housing, construction, media content, packaging, application system, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com