Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Telkom Siapkan SDM Paham Digital

Kompas.com - 28/06/2019, 14:26 WIB
Mico Desrianto,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Chief Human Capital Officer (CHCO) Telkom Group Edi Witjara mengatakan, kemampuan untuk paham digital menyongsong era industri 4.0 merupakan sebuah keniscayaan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Edi menilai peran dan kualitas corporate university perlu ditingkatkan agar mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) siap digital.

Edi mencontohkan strategi Telkom Corporate University (Telkom CorpU) yang kembali menggelar PluggedIn untuk kedua kalinya di Telkom Sportainment, Kawasan Telkom CorpU, Bandung, Rabu (26/6/2019).

"Ini merupakan langkah untuk memastikan proses digitalisasi CorpU demi meningkatkan kompetensi karyawan," ujar Edi dalam pernyataan tertulis, Jumat (28/6/2019).

Pada saat PluggedIn 2019 berlangsung, Telkom CorpU memamerkan produk pembelajaran yang dinamai Virtual Reality Learning (VIRAL).

Dalam penerapannya, VIRAL dimanfaatkan para teknisi IndiHome untuk belajar melakukan proses instalasi melalui teknologi virtual reality (VR), baik saat di kelas mapun online.

Produk pembelajaran ini pun mendapat sambutan positif. Para peserta pelatihan mengaku menikmati proses pembelajarannya.

Sebagai informasi, PluggedIn merupakan ajang berbagi pengetahuan dan inovasi antar corporate university agar dapat memperbaharui kualitas pembelajaran.

Adapun ajang ini turut diikuti oleh corporate university dari BUMN, regulator, institusi pendidikan, perusahaan swasta, dan beberapa institusi dari luar negeri seperti Malaysia dan Timor Leste.

Dengan proses digitalisasi corporate university dapat berjalan baik, Edi yakin SDM Indonesia akan semakin kompeten di dunia digital agar siap menghadapi tantangan bisnis di industri 4.0.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com