Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongkrak Ekspor Kopi, Pemerintah Gandeng Perusahaan Asal Korea Selatan

Kompas.com - 28/06/2019, 18:09 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan meningkatkan ekspor kopi dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ke Korea Selatan.

Hal tersebut dilakukan usai adanya kerja sama antara Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) bersama dengan Perusahaan asal Korea Selatan yakni CJ Entertaiment dan juga Korea Trade Investmen Agency (KOTRA).

"Kami akan mendukung peningkatan kualitas kopi dengan melakukan perluasan saluran penjualan dan mendukung pengembangan produk berbasis cokelat dengan meningkatkan strategi pemasaran,” ujar Direktur CJ Indonesia Shin Hee Sung dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/6/2019).

Nantinya, UMKM Indonesia akan dibimbing agar menciptakan satu produk yang memiliki nilai tambah melalui program One Village One Product (OVOP).

Shin mengaku telah membantu koperasi Indonesia sejak 2015. Melalui unit bisnis bakery and cafe yaitu Tous les Jours (TLJ), CJ turut serta membantu Koperasi Jatirogo di Yogyakarta sejak tahun 2015. Gula kelapa sebagai produk khas dari koperasi tersebut digunakan sebagai pemanis pada roti yang dijual TLJ.

"Hingga Desember 2018, TLJ telah berhasil melakukan penjualan hingga mencapai Rp 7 Miliar," kata dia.

Sementara itu, Ketua KSU Guyub Santoso Mustakim mengatakan, akan mengeskopr banyak produk olahan pertanian seperti kopi dan gula untuk ublnit bisnis CJ Entertainment. Hal ini dikarenakan produk kopi dan gula Indonesia memilik kualitas yang baik.

"Kita memiliki produk pertanian yang berkualitas tidak kalah dengan negara lain apalagi sektor koperasi kita yang memproduksi ini memiliki pendapatan yang baik dan ini akan dibutuhkan industri korea Selatan jadi kita tawarkan produk kopi dan gula," ujar Santoso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com