Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Di Forum PBB, BRI Ceritakan Kiat Berdayakan UMKM

Kompas.com - 01/07/2019, 14:00 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Upaya PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia rupanya menarik perhatian dunia.

Itu terlihat saat Direktur Utama Bank BRI, Suprajarto, diminta menjadi pembicara dalam salah satu forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bernama Micro, Small and Medium-sized Enterprises (MSME) Day 2019, di New York, Amerika Serikat, Rabu (26/6/2019) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Suprajarto menceritakan upaya apa saja yang telah dilakukan BRI dalam pemberdayaan UMKM. Ia juga sharing tentang peran bank plat merah ini dalam mendorong inklusi dan literasi keuangan di Indonesia.

"Kami menyediakan lebih dari 400.000 agen BRILink, Teras BRI Kapal dan penggunaan satelit BRI atau BRIsat yang dapat memberikan jangkauan layanan perbankan hingga ke pelosok Negeri," Suprajarto sesuai pernyataan tertulis, Senin (01/7/2019).

Baca jugaDalam Sehari, BRI Sabet Dua Penghargaan

Tak hanya itu, kata dia, BRI mendorong UMKM agar dapat berekspansi di pasar luar negeri dengan meluncurkan BRI Microfinance Center (BMC), sebuah lembaga riset dan konsultasi yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis UMKM.

“Jadi tak hanya memberikan akses permodalan, akan tetapi kami juga berusaha mendorong UMKM agar naik kelas lewat program inkubasi serta teknologi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Suprajarto memaparkan peran BRI dalam mendukung usaha pertanian lewat program BUMDes yang telah tersedia lebih dari 19.000 di 152 kota di Indonesia.
 
“Tujuan utama dari program ini untuk mendorong para petani agar dapat menjalankan usahanya lebih professional dan modern,” ucap dia.

Baca jugaBRI Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh 14 Persen di Semester II 2019

Sekedar informasi, forum MSME Day 2019 lahir sebagai upaya membangun kewirausahaan dan pembangunan berkelanjutan untuk mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDG) yang dicanangkan PBB.

Dengan tema “Entrepreneurship and Sustainable Development In Building Peaceful Societies”, forum ini diikuti perwakilan dari 85 negara anggota International Council for Small Business (ICSB), sebuah organisasi non-profit global yang berdiri sejak tahun 1955.

Nah, dalam forum tersebut, Suprajarto dan Bank BRI pun menjadi satu-satunya CEO dan korporasi dari Indonesia yang diberikan kesempatan untuk berbicara di Forum ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com