Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warren Buffett Donasikan Sahamnya Senilai Rp 50,7 Triliun

Kompas.com - 02/07/2019, 08:39 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNN

NEW YORK, KOMPAS.com - Orang terkaya nomor empat di dunia Waren Buffett kembali mendonasikan sahamnya dari perusahaan konglomerasi Berkshire Hathaway senilai 3,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 50,7 triliun (kurs Rp 14.100 per dollar AS) kepada 5 yayasan amal.

Seperti dikutip dari CNN, Selasa (2/7/2019), salah satu yayasan amal tersebut adalah yayasan milik pendiri Microsoft Bill Gates dan istrinya Melinda Gates.

Sebagai informasi, berdasarkan indeks kekayaan Bloomberg dan Fobers, Buffett memiliki nilai kekayaan mencapai lebih dari 87 miliar dollar AS (Rp 1.266,7 triliun).

Dalam proses pendonasian tersebut, dia mengubah beberapa saham kelas A dari Berkshire Hathaway menjadi saham kelas B dan didonasikan kepada Yayasan Bill dan Melinda Gates, Yayasan Susan Thompson Buffeett, Yayasan Sherwood, ayasan Howard G. Buffett dan Yayasan NoVo.

Baca juga: Kini, Orang Kaya Banyak Berinvestasi untuk Pendidikan dan Kesehatan

Saham Berkshire kelas A merupakan yang memungkinkan investor untuk memiliki lebih banyak hak suara, diperdagangkan pada level lebih dari 321.000 dollar AS hanya dengan satu saham. Sementara saham B, yang diperuntukkan bagi investor biasa, diperdagangkan dengan harga lebih terjangkau sekitar 214 dollar AS per lembar saham.

Yayasan Susan Thompson Buffeett adalah yayasan yang dimiliki oleh istrinya saat ini. Sementara, tiga yayasan lainnya didirikan oleh ketiga anaknya, yaitu Susan, Howard, Peter dan keluarga mereka.

Sebelumnya, Buffett pun telah mendonasikan 3,4 miliar dollar AS sahamnya kepada lima yayasan amal yang sama tahun lalu. Langkah tersebut membuat Yayasan Bill dan Melinda Gates menjadi salah satu pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway.

Dalam pengajuan SEC tahun lalu, Yayasan Bill dan Melinda Gates mengatakan pihaknya berencana menjual 60 juta saham Berkshire pada 30 Juni 2020, untuk disumbangkan ke badan amal.

Kebiasaan Buffeet menyumbangkan sebagian dari sahamnya di Berkshire untuk amal dilakukan sejak 2006. Menurut sebuah siaran pers, keseluruhan dana yang dia gelontorkan untuk beramal telah mencapai $ 34 miliar.

Dan Buffett, bersama dengan Bill dan Melinda Gates, meluncurkan The Giving Pledge pada 2010 - sebuah sumpah yang diambil oleh lebih dari 200 orang terkaya di dunia untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka kepada organisasi filantropi.

Miliarder terkenal lainnya yang akan mengambil The Giving Pledge termasuk CEO Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan, CEO Tesla Elon Musk, pendiri Oracle Larry Ellison dan MacKenzie Bezos, mantan istri Amazon CEO Jeff Bezos.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com