Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Paspor Singapura dan Jepang Terkuat di Dunia

Kompas.com - 05/07/2019, 15:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Paspor Singapura dan Jepang kembali menjadi yang terkuat di dunia. Ini berdasarkan pemeringkatan teranyar bertajuk Henley Passport Index yang dirilis pada Selasa (2/7/2019) lalu.

Dilansir dari Business Insider, Jumat (5/7/2019), Singapura dan Jepang menduduki posisi puncak dalam daftar paspor terkuat di dunia tersebut selama 18 bulan atau 1,5 tahun berturut-turut. Kedua negara tersebut menggeser posisi Jerman pada awal 2018 lalu.

Pemeringkatan tersebut didasarkan pada jumlah negara yang dapat diakses pemegang paspor tanpa terlebih dahulu mengajukan visa. Singkatnya, jumlah negara yang memberikan akses bebas visa bagi pemegang paspor tersebut.

Warga negara Jepang dan Singapura dapat berkunjung ke 189 negara tanpa visa. Adapun berada di peringkat kedua adalah Finlandia, Jerman, dan Korea Selatan yang dapat berkunjung ke 187 negara tanpa visa.

Baca juga: Tahun Ini, Paspor Jepang Jadi yang Terkuat di Dunia

Korea Selatan sebelumnya berada di peringkat pertama bersama Jepang dan Singapura. Kemudian, pada peringkat ketiga adalah Denmark, Italia, dan Luxembourg yang dapat berkunjung ke 186 negara tanpa visa.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Berdasarkan indeks tersebut, Indonesia berada pada peringkat 75 dengan akses bebas visa ke 69 negara.

Negara-negara tetangga Indonesia bertengger di peringkat lebih baik. Malaysia berada di peringkat 13 dengan akses bebas visa ke 176 negara.

Sementara itu, Thailand berada di peringkat 70 dengan akses bebas visa ke 74 negara. Brunei Darussalam bertengger di peringkat 22 dengan akses bebas visa ke 164 negara.

Adapun tiga negara dengan paspor terlemah di dunia adalah Suriah (bebas visa ke 29 negara saja), Irak (bebas visa ke 27 negara), dan Afghanistan (bebas visa ke 25 negara).

Baca juga: Apa yang Buat Paspor Jepang dan Singapura Paling Diterima di Seluruh Dunia?

Berikut ini adalah 5 besar negara dengan paspor terkuat di dunia.

  1. Singapura dan Jepang (Bebas visa ke 189 negara)
  2. Finlandia, Jerman, dan Korea Selatan (Bebas visa ke 187 negara)
  3. Denmark, Italia, dan Luxembourg (Bebas visa ke 186 negara)
  4. Perancis, Spanyol, dan Swedia (Bebas visa ke 185 negara)
  5. Austria, Belanda, Portugal, dan Swiss (Bebas visa ke 184 negara)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com