Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restrukturisasi, Deustche Bank Bakal Pangkas 18.000 Pekerja

Kompas.com - 08/07/2019, 06:46 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber BBC

LONDON, KOMPAS.com - Deutsche Bank bakal memangkas 18.000 pekerjanya dalam tiga tahun mendatang sebagai salah satu langkah reorganisasi perusahaan dari bank asal Jerman tersebut.

Seperti dikutip dari BBC, Deustche Bank juga bakal melaporkan laporan keuangan kuartal II-2019 di mana perusahaan mencatatkan kerugian hingga 3,14 miliar dollar AS (2,8 euro). Dengan reorganisasi tersebut, Deutsche Bank bakal mengalami penyusutan bisnis investment banking.

Namun, perusahaan belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai lokasi dan posisi apa saja yang bakal dipangkas jumlah pekerjanya.

Namun, mereka menyatakan bakal sepenuhnya keluar dari kegiatan yang terkait dengan pembelian dan penjualan saham, yang sebagian besar dilakukan di London dan New York.

Baca juga: Honda Akan Tutup Pabriknya di Inggris, 3.500 Pekerja Terancam PHK

Dengan jumlah pekerja mencapai 8.000 orang, London menjadi salah satu pusat bisnis jual beli saham terbesar Deustche Bank.

Secara global, Deutsche Bank menyatakan bakal memangkas 74.000 pekerja hingga 2022, dan proses restrukturisasi tersebut diperkirakan bakal memakan biaya hingga 8,31 miliar dollar AS (7,4 miliar euro) dalam waktu tiga tahun mendatang.

"Hari ini kami telah mengumumkan transformasi paling fundamental dari Deutsche Bank setelah beberapa dekade," kata Chief Executive Deustche Bank Christian Sewing.

"Ini adalah awal yang baru untuk Deutsche Bank ... Dengan kembali fokus pada pelayanan klien, kami kembali ke akar kami dan ke apa yang pernah menjadikan kami salah satu bank terkemuka di dunia," ujar dia.

Reorganisasi bisnis merupakan langkah lanjutan sebagai dampak dari kegagalan negosiasi merger dengan pesaing mereka, Commerzbank pada bulan April 2019.

Pemerintah Jerman telah mendukung rencana tersebut, namun kedua bank menyimpulkan bahwa kesepakatan itu terlalu berisiko.

Kedua belah pihak mengkhawatirkan biaya merger yang diperkirakan lebih besar daripada manfaatnya.

Deutsche Bank selama bertahun-tahun telah kepayahan mengatasi penurunan bisnis investasinya dan telah melakukan beberapa upaya untuk memperbaiki hal tersebut.

Rencana restrukturisasi kali ini akan menjadi wacana yang paling ambisius sejauh ini dan telah mendorong pengunduran diri salah seorang eksekutif puncak.

Pada hari Jumat, bank mengumumkan bahwa kepala perbankan investasi Garth Ritchie, mundur dari posisinya

Dengan rencana tersebut perusahaan berharap bisa menghemat biaya 19,09 miliar dollar AS (17 miliar euro).

Perusahaan juga berencana menciptakan unit baru untuk mengelola aset milik bisnis yang tidak lagi digunakan. Diperkirakan aset tersebut bernilai 83,1 miliar dollar AS (74 miliar euro).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com