Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Beroperasi, LRT Palembang Layani 2 Juta Penumpang

Kompas.com - 09/07/2019, 19:11 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Moda transportasi Light Rail Transit (LRT) Palembang telah melayani 2.096.556 penumpang setelah hampir satu tahun beroperasi.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan, LRT Palembang mulai digunakan sejak 23 Juli 2018 bersamaan pelaksanaan Asian Games. Mulanya, LRT digunakan untuk mengakomodir kebutuhan transportasi bagi atlet, official, media asing dan dalam negeri.

"LRT mendapat apresiasi yang sangat baik diberikan oleh atlet, ofisial, media asing dan dalam negeri serta masyarakat atas pelayanan LRT Sumsel selama pelaksanaan Asian Games," ujar Aida dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/7/2019).

Baca juga: Per 7 Juni 2019, Operasional LRT Palembang Ditambah Jadi 58 Perjalanan

Seelah perhelatan Asian Games, lanjut Aida, berbagai upaya terus dilakukan untuk mengajak masyarakat menggunakan LRT sebagai transportasi sehari-hari. Salah satunya dengan melakukan integrasi antar moda bus Damri dan Trans Musi mulai 22 Februari 2019.

Dengan demikian, masyarakat lebih mudah untuk menggunakan transportasi publik dengan tarif yang terjangkau.

Kemudian, pada 7 Juni 2019 operasional LRT Sumsel ditambah 6 perjalanan lagi, yang sebelumnya 52 perjalanan ditambah menjadi 58 perjalanan dari pukul 04.48 - 20.32 setiap harinya dengan perjalanan terakhir dari stasiun Bandara pukul 19.30.

"Penambahan jam operasional LRT untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan pilihan waktu yang lebih lama kepada masyarakat dalam menggunakan LRT. Saat ini rata-rata penumpang LRT per hari mencapai 10.000 penumpang dan pada akhir pekan bisa mencapai lebih dari 12.000 penumpang," kata Aida.

Baca juga: Kemenhub Akan Lengkapi LRT Sumsel dengan Fasilitas untuk Difabel

Sebagai operator LRT Sumsel, PT KAI mengajak masyarakat untuk menggunakan transportasi publik dalam hal ini LRT.

Sebab, LRT merupakan salah satu alternatif transportasi masal yang murah dan nyaman.

"PT KAI berharap dukungan dari semua pihak dan masyarakat untuk ikut menjaga dan menjadikan LRT Sumsel yang merupakan karya anak bangsa sebagai tulang punggung dalam sistem transportasi publik masa depan," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com