Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekraf Pertemukan Startup Pembuat Film dengan Investor di AKATARA 2019

Kompas.com - 10/07/2019, 06:58 WIB
Desy Kristi Yanti,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama dengan Badan Perfilman Indonesia (BPI), akan menggelar AKATARA 2019 di Jakarta, untuk mempertemukan para pembuat film (film maker) dengan investor.

Namun, konsep AKATARA 2019 tahun ini dibuat lebih beragam dari sebelumnya. Tak hanya sebagai ajang perjodohan pembuat film tanah air dengan pemilik modal, Bekraf juga memfasilitasi proyek terpilih dari berbagai macam genre dan kegiatan perfilman lainnya.

Selain itu, AKATARA 2019 juga ingin menciptakan akses permodalan dan mendorong film enterpreneurship yang lebih profesional. Sementara di sektor investor, akan ada 40 sumber pendanaan yang hadir selama pitching forum dan speed dating.

“Geliat investasi di bisnis film Indonesia saat ini sudah mulai menunjukkan tren positif. Kami berharap investor serta berbagai pihak pplendukung perfilman Indonesia lainnya dapat menjadikan Akatara sebagai meeting point strategis untuk mengembangkan ekosistem perfilman Indonesia,” ujar Triawan Munaf, Kepala Bekraf, Selasa (10/7/2019).

AKATARA tahun ini akan menampilkan 100 booth mini expo yang jauh lebih beragam.

Dalam acara ini, AKTARA lebih memfokuskan kepada penguatan badan usaha berupa “film company start-up” yang saat ini cukup banyak hadir di berbagai daerah.

Tahun ini, forum acara tersebut juga mengadakan pelatihan, untuk meningkatkan kualitas konten dan sumber daya manusia, agar dapat bersaing di kancah dunia internasional.

Pelatihan tersebut didukung dengan kerjasama AKATARA dengan pihak Aprofi dan Komite Buku Nasional, dengan menginisiasi program “Akatara IP Market: pitching penulis buku/ novel kepada produser film, serta TUTA (The United Team of Art) Lab dengan program investasi proyek film khusus bertema “urband legend”.

Ketiga badan tersebut memberikan dukungan pada tahap awal kepada sinema dengan membantu melakukan supervisi, membiayai serta mengolah proposa film sampai siap diajukan ke investor produksi film.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com