Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun ini, Waskita Berencana Bakal Divestasi 7 Ruas Tol

Kompas.com - 10/07/2019, 14:35 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk berencana bakal melakukan divestasi atau melepas 7 ruas tol dalam waktu dekat.

Direktur Utama PT Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra mengatakan, dari 7 tol tersebut, dua di antaranya akan ditandatangani bulan Agustus 2019 mendatang.

"Sudah hampir deal, kami tadi malam ketemu," kata I Gustri Ngurah Putra dalam CEO Talk di Menara Kompas Jakarta, Selasa (10/7/2019).

Sementara, sambung Putra, 5 lainnya akan dilepas tahun ini. Namun, Putra tak menyebut waktu spesifik kapan 5 tol itu siap didivestasikan. Tapi yang jelas konsesi 5 ruas tol tersebut telah dikantongi Waskita.

"Yang 5 ruas tol itu saya tidak terlalu hafal. Tapi 3 diantaranya ruas Tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, dan Pasuruan-Probolinggo. 70 persen sudah jalan, ini juga kita mau jual putus," jelas Putra.

Kendati bakal melepas 7 ruas tol, Putra menolak menyebut nilai pelepasan maupun pembelinya.

"Rahasia. Pembelinya ada, perusahaan. Enggak usah disebut," pungkas dia.

Selain divestasi, Waskita juga berencana membangun proyek kereta cepat di beberapa negara tetangga, seperti Filipina, Malaysia, dan Bangladesh.

Dia pun berencana bakal melakukan divestasi untuk proyek kereta cepat di Bangladesh.

"Bangladesh kalau divestasinya jalan kita coba divestasi. Kalau di Malaysia itu nanti mau bangun LRT di Kucing. Kenapa mau bangun di sana? Karena kita sangat berpengalaman dan kulturnya sama, tinggal bagaimana kita urus masalah legalnya," papar Putra

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com