Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dukung Kebijakan Mentan, Santri Jatim Segera Ekspor Bunga Krisan ke Jepang

Kompas.com - 10/07/2019, 14:54 WIB
Alek Kurniawan,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura terus memacu peningkatan produksi komoditas pertanian bernilai ekonomi tinggi, salah satunya adalah produksi tanaman hias.

Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Suwandi mengatakan, tanaman hias memiliki potensi pasar ekspor yang cukup besar.

Terlebih, Indonesia memiliki beragam kekayaan komoditas tanaman hias. Lebih kurang terdapat 173 jenis tanaman hias dengan ribuan jenis varietas yang tersebar di berbagai daerah.

“Sesuai arahan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, kami targetkan tanaman hias yang petani produksi berkualitas ekspor agar pendapatan petani dan negara meningkat,” kata Suwandi di Jakarta, pada rilis tertulis, Rabu (10/7/2019).

Baca juga: Tingkatkan Produksi Pertanian di Kalsel, Kementan Kerahkan Ratusan Alsintan

Suwandi optimistis, karena tanaman hias Indonesia memiliki daya saing yang tinggi di pasar dunia.

Terkait hal tersebut, Kementan pun berkolaborasi dengan Pengurus Wilayah Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (PW LPPNU) Jawa Timur (Jatim) untuk menjajaki pasar ekspor bunga krisan ke Jepang.

Bahkan, dalam waktu dekat ini LPPNU akan mengirim sampel bunga krisan sebagai bahan yang akan diekspor ke Negeri Sakura tersebut.

Bunga krisan dinilai mempunyai nilai ekonomis untuk diekspor ke berbagai negara, salah satunya Jepang.Dok. Humas Kementan Bunga krisan dinilai mempunyai nilai ekonomis untuk diekspor ke berbagai negara, salah satunya Jepang.
Green House binaan

Ketua PW LPPNU Jatim Ghufron Ahmad Yani mengatakan, Tim LPPNU Jatim yang difasilitasi Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian dan Badan Karantina Kementan akan berangkat ke Jepang dengan membawa sampel Bunga Krisan dari Green House binaan.

Untuk sementara, terdapat permintaan mencapai 100.000 bunga krisan per pekan.

“Semoga semuanya lancar dan deal. Jika itu terjadi maka ini merupakan angka yang besar dan tidak mungkin bisa terpenuhi dengan beberapa Green House saja,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Yani itu juga menjelaskan ekspor bunga krisan merupakan bentuk nyata eksistensi LPPNU yang tidak sebatas mengadvokasi petani, tapi sekaligus mencarikan solusi bagi produk yang dihasilkan petani.

Baca juga: Ekspor Produk Pertanian ke Jepang dan Sejumlah Negara Eropa Meningkat

Hal ini agar memberikan nilai tambah atau keuntungan yang lebih besar sehingga petani semakin sejahtera dan komoditasnya berdaya saing hingga ke pasar dunia.

Oleh karena itu, tambah Yani, sambil menunggu proses di Jepang yang juga dibantu oleh Kedutaan Indonesia di Jepang, pihaknya sedang mendata kawasan-kawasan yang bisa dikembangkan menjadi tempat budidaya bunga krisan di Jatim.

“Selain Batu dan Pasuruan yang selama ini sudah ada, Jember dan Banyuwangi akan dikembangkan juga,” bebernya.

Untuk harga bunga krisan, Yani menyebutkan biasanya per ikat dengan isi 10 batang berharga Rp 13.000.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com