Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susi Temui Mendagri Malaysia, Apa yang Dibahas?

Kompas.com - 10/07/2019, 16:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melakukan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin di Parlimen Malaysia, Kuala Lumpur, Rabu (10/7/2019). Pertemuan tersebut membahas sejumlah isu, salah satunya isu kelautan.

Tan Sri Yassin menuturkan, pertemuan tersebut membincangkan kerja sama kedua negara, termasuk terkait kelautan. Selain itu, beberapa isu pun berusaha ditangani, meski ia tak menjelaskan permasalahan yang dimaksud.

"Jadi kami telah berbincang agak santai tentang beberapa isu tertentu. Secara umum kita tidak ada masalah yang besar antara kedua negara," kata Tan Sri Yassin.

Baca juga: Susi: 10.000 Kapal Pelaku Illegal Fishing Telah Angkat Kaki dari Indonesia

Ia menyebut, sebelumnya Pemerintah Indonesia dan Malaysia sudah menyepakati nota kesepahaman terkait penanganan krisis kelautan dan perikanan. Kerja sama tersebut sudah berjalan baik.

Sementara itu, Susi menyatakan pertemuan ini akan meningkatkan kerja sama antara kedua negara. Selain itu, permasalahan yang terjadi pun diupayakan untuk segera diselesaikan.

Adapun Susi menyebut, salah satu kerja sama yang dimaksud adalah terkait perbatasan kedua negara. Selain itu adalah permasalahan penangkapan ikan ilegal.

"Misalnya nelayan Indonesia masuk terlalu jauh ke (wilayah perairan) Malaysia. Nelayan Malaysia masuk terlalu jauh. Ada juga gray area (perairan)," terang Susi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com