Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Promosi yang Ampuh saat Punya Dana Minim

Kompas.com - 14/07/2019, 10:07 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Aktifitas pemasaran menjadi salah satu poin penting yang sangat dibutuhkan dalam bisnis. Pemasaran yang tepat akan membantu bisnis Anda berkembang dengan cepat, bahkan dengan hasil yang juga maksimal.

Jadi wajar saja, jika sebagian besar pengusaha akan memiliki anggaran dan strategi tertentu dalam memasarkan bisnis mereka. Hal ini berlaku untuk semua jenis bisnis, termasuk bisnis online yang belakangan semakin marak dan menjanjikan.

Apapun jenis bisnis yang dijalankan saat ini, pastikan Anda memaksimalkan kegiatan pemasaran dengan tepat. Hal ini penting, terutama jika Anda masih sedang membangun bisnis dalam tahap awal.

Pada dasarnya, kegiatan pemasaran tidaklah selalu identik dengan biaya mahal, mengingat saat ini ada banyak sarana yang bisa Anda manfaatkan untuk aktifitas tersebut. Bukan hanya murah, beberapa cara bahkan bisa saja Anda jalankan tanpa biaya.

Hal ini tentu cocok untuk Anda yang baru merintis bisnis dan hanya memiliki bujet kecil untuk pemasarannya. Begini cara promosi yang ampuh saat punya dana minim seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Membangun Personal Branding Bisnis

Tidak melibatkan orang lain dalam aktifitas pemasaran ini, Anda bisa saja memasarkan bisnis Anda secara mandiri. Hal ini bahkan akan semakin mudah, jika yang Anda pasarkan adalah kemampuan/keahlian yang Anda miliki.

Saat ini, ada banyak media sosial yang memungkinkan Anda menjangkau jaringan yang lebih luas, bahkan tidak terbatas. Anda bisa membuat konten atau merangkai kata-kata yang tepat dan menjual.

Sehingga orang-orang tertarik dan dengan senang hati membacanya. “Jual” keahlian atau produk Anda dengan menggunakan kata-kata yang profesional, agar Anda bisa dilihat sebagai pribadi yang bisa dipercaya. Selain mudah, langkah yang satu ini juga bisa Anda lakukan tanpa biaya.

2. Membuat Content Marketing

Jika bisnis Anda memiliki blog atau bahkan situs resmi yang profesional, maka Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas untuk bisnis tersebut. Manfaatkan blog/situs ini dengan maksimal, di mana Anda mengisinya dengan berbagai konten marketing tentang bisnis Anda.

Namun jangan hanya menulis sesuatu yang tidak menarik dan berguna, sebab pengunjung membutuhkan informasi berguna atau bahkan apa yang mereka cari. Pahami dengan baik perilaku konsumen Anda, dan berusalah untuk menyenangkan mereka melalui konten yang Anda sajikan di blog/situs bisnis Anda.

3. Metode Referensi/Referral

Anda juga bisa memanfaatkan pelanggan Anda untuk mendatangkan pelanggan baru di dalam bisnis Anda, yakni dengan meminta mereka mereferensikan bisnis yang Anda jalankan.

Hal ini cukup efektif, sebab pada umumnya orang akan mudah melakukan pembelian terhadap produk yang direferensikan oleh orang dekat mereka. Namun untuk ini, Anda juga perlu memberikan reward kepada pelanggan Anda untuk setiap referensi mereka.

4. Siaran Pers dan Fitur Berita

Startegi pemasaran yang satu ini akan cocok bagi Anda yang memiliki hubungan baik dengan para wartawan ataupun media berita yang cukup besar. Bisnis Anda bisa muncul dalam media berita dan dikenal secara luas hanya dalam sekejap saja.

Hal ini tentu akan mendatangkan angka penjualan yang pesat di dalam bisnis yang Anda jalankan, apalagi jika ternyata Anda bisa melakukan langkah ini secara konsisten.

5. Promosi Melalui e-Mail Marketing

Hingga saat ini, e-mail marketing masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak dipilih. Langkah ini terbilang sangat efektif, terutama jika Anda bisa mendapatkan list e-mail yang tepat dan sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com