Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Targetkan Latih Komputasi Awan ke 100.000 Pekerja pada 2025

Kompas.com - 18/07/2019, 12:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) berupaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang cloud computing atau komputasi awan. Terkait hal ini, Kemenaker menggandeng Amazon Web Services (AWS).

Dalam kerja sama tersebut, AWS dan Kemenaker menargetkan dapat melatih ratusan ribu SDM Indonesia dalam berbagai keahlian layanan cloud di tahun 2025.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menjelaskan, pembangunan SDM menjadi prioritas pemerintah mulai 2019.

“Mulai tahun ini, prioritas pemerintah diarahkan kepada pembangunan SDM agar semakin kompeten, kreatif, inovatif, produktif, dan kompetitif. Untuk itu, tentu saja pemerintah sangat terbuka dan membuka diri serta memberikan insentif bagi dunia usaha untuk bisa bersama-sama dengan pemerintah dalam upaya mengakselerasi pengembangan SDM itu,” kata Hanif dalam keterangannya, Kamis (18/7/2019).

Baca juga: Bisnis Digital dan Perlunya Komputasi Awan Publik

Menurut dia, pembangunan SDM di tengah kemajuan teknologi digital saat ini sudah menjadi perhatian utama pemerintah. Ketika perkembangan teknologi begitu masif, pemerintah tidak ingin Indonesia hanya menjadi pasar.

"Kta ingin agar rakyat bisa memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang produktif dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Karena itu digital skill perlu ditingkatkan,” ucapnya.

Hanif menilai pemerintah menyadari tantangan pembangunan SDM di zaman digital saat ini. Untuk itu pemerintah sangat terbuka dan membuka diri serta memberikan insentif bagi dunia usaha dalam mengakselerasi pengembangan SDM.

“Caranya, kita bersama-sama mendorong digital literasi dan ekosistem inovasi agar berbagai bentuk kreativitas memperoleh ruang yang baik. Dengan ruang itu, kami percaya hal tersebut dapat menciptakan kesempatan kerja yang luas,” sebut Hanif.

Baca juga: Dukung Bisnis Perusahaan, Investasi Komputasi Awan akan Makin Meningkat

Menaker juga mengapresiasi langkah AWS yang bersama-sama dengan Kemnaker akan memulai program pelatihan dan upgrading di bidang cloud computing untuk 100 instruktur.

“Tahun ini 100 instruktur, tahun 2020 tambah lagi 300 instruktur. Dengan demikian, pada 2025 kami menargetkan 100.000 tenaga kerja Indonesia yang sudah ditraining dan dididik untuk bidang cloud computing. Ini potensi yang cukup besar untuk menopang pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia,” jelasnya.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com