Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Era Industri 4.0, Bagaimana Kesiapan Auditor Perusahaan?

Kompas.com - 24/07/2019, 20:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang begitu pesat mendorong perusahaan berinvestasi di industri 4.0 dan menggunakan teknologi dalam pengambilan keputusan.

Melalui penggunaan teknologi yang tepat, perusahaan menikmati terobosan dalam meningkatkan profitabilitas, kepuasan pelangan, efisiensi, kualitas, keamanan, dan biaya. Lalu, bagaimana dengan kesiapan para auditor di era industri 4.0?

"Saat ini terjadi integrasi teknologi dengan orang maupun proses, sehingga banyak kemajuan yang sangat pesat terjadi. Perkembangan teknologi ini justru bisa memberdayakan peran auditor agar memiliki nilai tambah, bukan lagi pekerjaan repetitif namun menjadi lebih strategis untuk dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan," ungkap VP Institute of Internal Auditors Indonesia Angela Simatupang dalam keterangannya, Rabu (24/7/2019).

Baca juga: Hadapi Industri 4.0, Ini yang Harus Disiapkan Indonesia

Menurutnya, berbagai perkembangan teknologi dan inovasi yang bermunculan mengubah proses bisnis konvensional menjadi proses bisnis yang didukung inovasi teknologi.

"Berbagai perkembangan tersebut akan membawa dampak beragam yang berpengaruh terhadap eksistensi model bisnis saat ini," sebut Angela.

Presiden IIA Indonesia sekaligus Direktur Keuangan dan Investasi ASABRI Hari Setianto menyebut, auditor internal harus berperan melakukan berbagai pencegahan ketika berbasis risiko serta bersama merumuskan berbagai kajian untuk menghadapi dampak teknologi khususnya teknologi dalam era industri 4.0.

Baca juga: Industri 4.0 dan Pekerjaan Masa Depan

Ia mendorong para auditor untuk memastikan seluruh risiko utama yang signifikan telah termitigasi dengan baik oleh penanggung jawab proses bisnis.

"Auditor internal bersedia bekerja sama merumuskan berbagai kajian dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi unit bisnis tertentu atau organisasi secara keseluruhan. Kesiapan auditor internal merupakan salah satu kunci memasuki era baru dengan baik tanpa benturan yang merugikan serta tetap berada dalam arah yang direncanakan (true north), " ungkap Hari.

Terkait hal ini, IIA Indonesia menggelar konferensi nasional 2019 dengan tema 'Empowering Internal Auditors: Embracing the 4IR'. Kegiatan ini berlangsung di Solo, Jawa Tengah, 24-25 Juli 2019.

Angela menuturkan, tema konferensi 2019 relevan dengan kebutuhan saat ini agar para auditor dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com