Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Buat Surat Lamaran Kerja, Ini 5 Tips Suksesnya

Kompas.com - 26/07/2019, 12:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Ketika melamar kerja di perusahaan impian, bisa jadi Anda tidak lulus seleksi. Padahal, CV Anda sudah sangat menarik dan pengalaman Anda juga cukup.

Sebab, perlu disadari bahwa kemungkinan besar ada banyak kandidat lain yang bersaing dengan Anda untuk posisi yang sama. Nah, dalam kondisi ini, surat lamaran kerja sangat berpengaruh.

Dilansir dari CNBC, Jumat (26/7/2019), surat lamaran kerja dapat membantu Anda secara efektif untuk memikat pihak perusahaan. Surat lamaran kerja menampilkan kemampuan menulis Anda dan ini bisa menjadi keunggulan Anda dibandingkan kandidat lainnya.

Baca juga: Terungkap, Jenis Huruf Ini Sebaiknya Digunakan di Surat Lamaran Kerja

Direktur dan koordinator penasihat karier di Harvard Extension School Linda Spencer menjelaskan, surat lamaran kerja yang baik menjawab dua pertanyaan penting. Pertanyaan itu adalah mengapa Anda kandidat yang cocok untuk pekerjaan tersebut dan bagaimana Anda menambah nilai bagi perusahaan.

"Perusahaan hanya butuh waktu sekitar 7 detik untuk membaca dokumen ini. Mereka tidak membaca dengan teliti, namun skimming (membaca cepat). Jadi Anda harus mengutarakannya dengan jelas tentang bagaimana Anda bisa memberi nilai tambah," jelas Spencer.

Bingung bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik? Berikut tips suksesnya dari para pakar karier.

1. Tujukan surat lamaran kerja ke orang secara spesifik

Istilah "To whom it may concern" atau departemen SDM di sebuah perusahaan yang dicantumkan dalam surat lamaran kerja adalah cara cepat surat Anda itu tidak dilirik. Selalu cobalah membuat surat lamaran kerja yang ditujukan pada spesifik orang.

Misalnya adalah manajer HRD atau kepala departemen. Sertakan juga nama, jabatan, perusahaan, dan alamat pada bagian atas surat lamaran kerja di bawah tanggal.

Jika Anda tidak tahu spesifik orang yang dituju, cara mudahnya adalah dengan mencari di LinkedIn. Masukkan nama perusahaan dan beberapa kata kunci pada kolom pencarian, semisal "Google, hiring manager, sales" dan sejumlah profil akan muncul.

Baca juga: Incar Pekerjaan Impian, Jangan Tulis 5 Kata Ini di Surat Lamaran

2. Jelaskan tujuan surat Anda

Kata-kata pembuka dalam surat lamaran kerja tidak perlu bertele-tele. Faktanya, menurut pakar karier di Harvard, kata-kata pembuka harus jelas, tegas, dan lugas.

Jelaskan tujuan Anda menulis surat lamaran kerja, posisi yang Anda lamar, dan jika memungkinkan bagaimana Anda mengetahui informasi mengenai lamaran kerja tersebut.

3. Jangan tulis ulang CV

Dalam menulis surat lamaran kerja, Anda tidak usah menulis esai 1.000 kata yang merangkum CV Anda. Surat lamaran kerja adalah kesempatan Anda menjelaskan mengapa Anda sangat tertarik pada perusahaan serta visi dan misinya.

Tidak perlu terlalu formal dan kaku. Anda bisa menggunakan bahasa sendiri dan masukkan sejumlah kata-kata yang menarik untuk membuat surat lamaran kerja Anda lebih "menggigit."

"Jika Anda memiliki pendidikan atau pengalaman kerja yang relevan, pastikan menyertakannya dalam satu atau dua contoh kunci. Tekankan keahlian atau keterampilan yang terkait dengan pekerjaan itu," kata para pakar.

Pun Anda harus menjelaskannya dengan penuh kepercayaan diri. Ingat pembaca surat Anda juga memandang surat tersebut sebagai contoh kemampuan menulis Anda.

Ilustrasi CVSHUTTERSTOCK Ilustrasi CV

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com