Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Kantor Cabang di Tarakan, BTN Bidik Penyaluran Kredit Rp 45 Miliar

Kompas.com - 02/08/2019, 05:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meningkatkan status Kantor Cabang Pembantu Tarakan menjadi Kantor Cabang penuh. Sebelumnya, KCP Tarakan beroperasi sejak 11 April 2009.

“Sebagai provinsi termuda yang tentunya giat melakukan pembangunan, selain memberikan kredit untuk pembelian rumah bagi keluarga Indonesia, Bank BTN juga siap membantu memberikan kredit untuk pembiayaan pembangunan rumah (kredit yasa griya) bagi developer yang akan membangun rumah di Kaltara,” kata Direktur BTN Dasuki Amsir dalam keterangannya, Jumat (2/8/2019).

BTN Cabang Tarakan akan membawahi Kantor Cabang Pembantu (KCP) Tanjung Selor. KCP tersebut merupakan outlet baru BTN untuk mendukung BTN Kantor Cabang Tarakan dalam meningkatkan layanan bagi nasabah.

Baca juga: Kuota KPR FLPP Akan Dialihkan ke BTN dan Beberapa Bank Lain

Dasuki menargetkan, dengan adanya peningkatan status menjadi kantor cabang penuh, BTN Tarakan ditargetkan meraup Dana Pihak Ketiga atau DPK sekitar Rp 120 miliar dan menyalurkan pembiayaan krwdit sekitar Rp 45 miliar hingga akhir tahun 2019 ini.

Target tersebut, sambung Dasuki diperhitungkan dengan melihat prediksi Bank Indonesia (BI) yang memproyeksikan pertumbuhan ekonomi di Kaltara bisa mencapai 6,29-7,32 persen secara tahunan (yoy).

Adapun faktor yang menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi tersebut, berdasarkan riset BI, adalah peningkatan lapangan usaha konstruksi sejalan dengan terus berlanjutnya percepatan pembangunan proyek strategis dan infrastruktur yang dilakukan sepanjang tahun 2019.

Baca juga: BTN akan Terbitkan Surat Utang Global Sebesar 300 Juta Dollar AS

Salah satu proyek utama di Kaltara yaitu Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning. 

“Perkembangan infrastruktur dan akan dituntaskannya proyek strategis tersebut dapat mendorong peningkatan jumlah penduduk, laju ekonomi sehingga kebutuhan akan perumahan meningkat. Potensi KPR menjadi cukup menarik, sehingga BTN harus mampu menyambutnya dengan memberikan layanan perbankan yang terbaik,” sebut Dasuki.

Pada tahun 2019, BTN berencana untuk melakukan pengembangan jaringan sebanyak 36 outlet dengan rincian 2 Kantor Cabang baru (KC Cibinong sudah beroperasi tanggal 22 Juli 2019 dan KC Tarakan beroperasi 2 Agustus 2019), peningkatan kelas Kantor Kas menjadi 26 Kantor Cabang Pembantu, 1 Kantor Kas, 1 Kantor Cabang Syariah, 6 Kantor Cabang Pembantu Syariah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com