Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Kota Besar Dunia yang Mengalami Black Out

Kompas.com - 06/08/2019, 06:04 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemadaman listrik secara masif (black out yang melanda sebagian wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) terjadi lebih dari satu hari, bahkan ada yang mengalaminya sampai 32 jam.

Kejadian tersebut ternyata tak hanya terjadi di Indonesia. Di beberapa kota besar dunia juga mengalami pemadama listri secara masif tersebut.

Berikut daftar beberapa kota besar dunia yang mengalami black out belum lama ini seperti dikutip dari Kontan.co.id:

Baca juga: Intip Reaksi Pejabat Dunia saat Mati Listrik, Mohon Maaf hingga Mundur

1. Black out Manhattan, New York (13 Juli 2019)

Pada 13 Juli 2019, sekitar pukul 19.00 waktu waktu setempa, West Side Manhattan di Kota New York mengalami kegagalan daya listrik.

Con Edison, perusahaan energi yang melayani listrik daerah tersebut, melaporkan sekitar 73.000 pelanggan terkena dampak pemadaman listrik. Listrik baru sepenuhnya pulih pada tengah malam pada hari yang sama.

Mirisnya, pemadaman terjadi pada peringatan ke-42 New York Black out tahun 1977, yang menyebabkan 9 juta masyarakat tidak dapat mengakses listrik.

Baca juga: Ini Kronologi Padamnya Listrik di Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta

Kejadian ini mempengaruhi enam pembangkit listrik dan mencakup area sekitar 30 blok di Midtown Manhattan dan Upper West Side, dari Times Square ke 72nd Street, dan dari Fifth Avenue ke Hudson River.

Metropolitan Transportation Authority (MTA) melaporkan bahwa seluruh sistem Subway New York City terkena dampak pemadaman. Sebut saja beberapa kompleks kereta bawah tanah tanpa lampu, dan terpengaruhnya layanan pada beberapa rute.

MTA menutup empat stasiun Manhattan: Columbus Circle, Fifth Avenue di 53rd Street, Hudson Yards, dan Rockefeller Center. Semua rute bernomor kereta bawah tanah mengalami penundaan yang lama.

Baca juga: Saat Listrik Padam, Plt Dirut PLN Baru Menjabat Dua Hari

2. Black out Venezuela (22 Juli 2019)

Venezuela juga mengalami black out pada 22 Juli 2019. Pemadaman listrik ini berdampak pada 24 negara bagian, termasuk ibukota Venezuela, Caracas.

Black out tersebut memicu kerusuhan di jalanan ibukota karena lampu merah dan sistem transportasi subway terhenti saat jam sibuk.

Menteri informasi Venezuela menuding black out terjadi akibat adanya serangan elektromagnetik di sistem tenaga listik. Namun, dia tidak menjelaskan secara detail mengenai hal ini.

Baca juga: Kementerian ESDM: PLN Siapkan Kompensasi Hingga Rp 1 Triliun

Black out tersebut bukan peristiwa yang pertama kali terjadi di Venezuela. Sebelumnya, pada Maret, negara ini sudah beberapa kali mengalami kondisi serupa yang menyebabkan jutaan masyarakat kehabisan air bersih dan sistem telekomunikasi lumpuh.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com