Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Rasa Rambah Bandara, Semua Penerbangan di Hong Kong Dibatalkan

Kompas.com - 12/08/2019, 17:21 WIB
Rina Ayu Larasati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNBC

HONG KONG, KOMPAS.com - Seluruh penerbangan keluar Hong Kong pada hari Senin (12/08/2019) telah dibatalkan karena adanya gangguan berupa ribuan pengunjuk rasa telah menduduki bandara.

Menurut otoritas Bandara Internasional Hong Kong, semua penerbangan sore hari waktu setempat, telah dibatalkan.

"Namun hal ini tidak berlaku untuk penerbangan yang telah melakukan proses check-in dan penerbangan yang sudah dalam tujuan menuju Hong Kong. Pembatalan penerbangan hanya berlaku terhadap penerbangan yang belum melakukan proses check-in," kata otoritas bandara Internasional Hong Kong yang dikutip dari CNBC, Senin.

Jalanan menuju bandara juga tersendat dan parkiran di bandara pun sudah penuh akibat banyaknya demonstran yang datang ke bandara untuk melakukan unjuk rasa.

Situasi bandara internasional Hong Kong setelah aksi unjuk rasa di aula kedatangan pada 26 Juli 2019. Tampak sejumlah catatan yang ditempelkan para pengunjuk rasa di dekat papan pengumuman keberangkatan.AFP / ANTHONY WALLACE Situasi bandara internasional Hong Kong setelah aksi unjuk rasa di aula kedatangan pada 26 Juli 2019. Tampak sejumlah catatan yang ditempelkan para pengunjuk rasa di dekat papan pengumuman keberangkatan.

Demonstrasi yang dilakukan oleh kelompok anti-pemerintah ini, sudah berlangsung selama empat hari berturut-turut di Pulau Lantau, yang merupakan salah satu bandara tersibuk di seluruh dunia.

Demonstrasi yang berlangsung di Hong Kong berawal dengan menentang kebijakan UU Ekstradisi. Namun demikian, demonstrasi kemudian berkembang menjadi tuntutan kebebasan demokrasi dari China.

Demonstrasi itu menjadi ancaman terbesar bagi pemerintah China sejak mereka mendapat kota tersebut yang awalnya adalah koloni Inggris pada 1997 silam.

Sebelumnya, saham maskapai penerbangan Hong Kong Cathay Pacific menukik lebih dari 4 persen pada perdagangan hari ini, Senin. Penurunan saham Cathay Pacific hari ini mendekati level terendah dalam 10 tahun.

Baca juga: Pecat Pilot yang Unjuk Rasa di Hong Kong, Saham Cathay Pacific Menukik

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com