Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Ternak Sapi, Kini Hadir Asuransi Budidaya Udang dan Ternak Lele

Kompas.com - 12/08/2019, 21:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjalin kerja sama dengan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Jasindo.

Kerja sama ini terkait produk Asuransi Usaha Budidaya Udang Komersial (AUBU) dan Asuransi Perikanan Bagi Pembudidaya Ikan Kecil (APPIK) komoditas ikan lele. Adapun Jasindo bertindak sebagai pemimpin konsorsium APPIK dan AUBU.

“Premi untuk peternak lele Rp 135.000 per 200 meter persegi per tahun. sedangkan nilai perlindungannya Rp 4,5 juta jika terdapat gagal panen persiklus budidaya," kata Direktur Pengembangan Bisnis Jasindo Sahata L Tobing dalam keterangannya, Senin (12/8/2019).

Sahata menjelaskan, biasanya para peternak lele atau udang jika mengalami gagal panen akan mengalami kesulitan mencari modal untuk membeli bibit di siklus budidaya berikutnya. Adapun peran Jasindo adalah memastikan peternak dapat terus bekerja dan membudidayakan ternak mereka.

Baca juga: Program Asuransi Usaha Ternak Tunjukkan Tren Positif

Konsorsium APPIK dan AUBU juga menyepakati kerja sama dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) untuk pemberian akses pinjaman dan modal serta pembentukan ekosistem bersama yang akan meningkatkan kualitas pemasaran dan pengelolaan keuangan dari para pembudidaya ikan.

Diharapkan pada tahun 2020, skema kerja sama ekosisitem ini juga mulai membesarkan dan memperluas jangkauan pemasaran produk asuransi tidak hanya yang disubsidi APBN, tetapi memberikan literasi dan meningkatkan inklusi masyarakat pembudidaya dengan meluncurkan produk asuransi perikanan tanpa subsidi APBN atau secara mandiri.

Baca juga: Hingga Juni 2019, Peserta Asuransi Mikro Capai 22 Juta

Sebelumnya Asuransi Jasindo juga sudah meluncurkan produk Asuransi Tani Padi dan Asuransi Ternak Sapi.

Kedua asuransi ini melindungi para petani dari masalah gagal panen yang disebabkan hama atau perubahan musim. Adapun untuk peternak sapi perlindungan dari kematian ternak sapi akibat melahirkan, kecelakaan, keracunan serta risiko pencurian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com