Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebar Diskon, Transaksi Kartu Kredit Standard Chartered Naik 30 Persen

Kompas.com - 16/08/2019, 12:01 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Standard Chartered Bank Indonesia catatkan kenaikan transaksi kartu kredit jelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia alias HUT RI ke-74.

Total transaksi kartu kredit naik 30 persen pada Juli 2019 dibanding bulan sebelumnya.

Head of External Communications at Standard Chartered Bank Indonesia, Lucas Suryanata mengatakan, penggerak salah satu peningkatan itu karena pihaknya menebar diskon di sejumlah e-commerce yang pembayarannya menggunakan kartu kredit Standard Chartered.

E-commerce yang dimaksud antara lain Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, Agoda, Tiket.com, dan HappyFresh.

Baca juga: HUT RI Ke-74, Standard Chartered Tebar Diskon Pakai Kartu Kredit

"Kemitraan dengan e-commerce menjadi salah satu penggerak bisnis retail banking Bank dengan nilai belanja yang konsisten naik sebesar 12 persen (yoy)," kata Lucas Suryanata dalam siaran pers, Jumat (16/8/2019).

Di Blibli.com misalnya, konsumen terdorong untuk belanja dengan transaksi tinggi karena berkesempatan untuk menonton pertandingan Liverpool FC di Stadion Anfield, bagi nasabah dengan transaksi tertinggi dengan kartu kredit Standard Chartered.

Terbukti, program unik ini menyasar sekitar 1,4 juta fans Liverpool FC di Indonesia pada Januari 2015 dan masih berlangsung hingga 31 Agustus 2019 mendatang.

"Ini cukup diminati sehingga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan transaksi kartu kredit pada periode Agustus 2019," ucap Lucas.

Adapun produk-produk utama yang diminati konsumen saat belanja menggunakan kartu kredit Standard Chartered untuk belanja di e-commerce antara lain, produk elektronik, ponsel pintar (smartphone), dan tiket pesawat.

Baca juga: Simak Tips Berikut agar Terhindar dari Penipuan Kartu Kredit

Selain belanja produk dan travel, kata Lucas, belanja gaya hidup juga menjadi salah satu segmen yang dikembangan oleh Bank untuk mendiversifikasi penawaran agar semakin relevan dengan konsumen Indonesia.

"Contohnya kemitraan dengan HappyFresh. Kami memudahkan belanja mingguan atau bulanan hanya melalui smartphone," kata Lucas.

Kemudian dengan Cashbac, salah satu platform pembayaran digital dengan memampukan integrasi kartu kredit secara aman, transaksi makan di lebih dari 100 restoran rekanan dapat dilakukan semudah memindai QR code.

"Ke depannya, sejalan dengan strategi Bank untuk fokus pada inovasi digital, Standard Chartered juga telah meluncurkan dua solusi baru yaitu SmartGoals dan Online Mutual Funds (OMF) untuk menyediakan layanan rekomendasi investasi, sebagai platform transaksi reksa dana secara online," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com