Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2020, Bantuan Pangan Non-Tunai Naik Jadi Rp 1,8 Juta Per Keluarga

Kompas.com - 16/08/2019, 16:39 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah akan menaikkan nilai Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) pada 2020 menjadi Rp 1,8 juta perkeluarga pertahun.

Tahun sebelumnya, bantuan yang diberikan sebesar Rp 1,32 juta per keluarga per tahun. Pemberian bantuan tersebut dilakukan melalui kartu sembako.

“Jumlah bantuan yang diterima meningkat menjadi Rp1,80 juta perkeluarga pertahun, dari sebelumnya sebesar Rp1,32 juta perkeluarga pertahun,” ujar Presiden Joko Widodo saat membacakan nota keuangan di kompleks DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Dengan kartu sembako, kata Jokowi, keluarga penerima manfaat dapat membeli dan memilih bahan pangan yang lebih beragam. Adapun jumlah keluarga penerima program BPNT sebanyak 15,6 juta keluarga.

Baca juga: Naskah Lengkap Pidato Jokowi tentang RAPBN 2020 dan Nota Keuangan

Selain itu, pemerintah juga akan menyalurkan anggaran kepada 96,8 juta jiwa penerima bantuan iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta melanjutkan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 10 juta keluarga penerima manfaat.

Selain bantuan yang ditujukan pada keluarga tak mampu, Pemerintah juga akan melanjutkan program-program yang mendukung usaha ultra mikro dan UMKM.

“Semua ini didesain untuk memastikan unit sosial dan ekonomi terkecil di masyarakat, baik keluarga maupun UMKM yang memang membutuhkan uluran tangan, dapat tersentuh langsung oleh program Pemerintah,” kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com