Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lembaga Penjamin Simpanan Sedunia Kumpul di Bali, Apa yang Dibahas?

Kompas.com - 21/08/2019, 16:41 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

NUSA DUA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyelenggarakan seminar internasional bertajuk "Facing Softening Global Economy: The Need to Strengthen Bank Resolution Preparedness" di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (21/8/2019).

Acara yang dihadiri LPS sedunia ini membahas sejumlah topik terkait dengan perbankan dan pinjaman.

"Ini merupakan agenda tahunan dan dihadiri dari (LPS) seluruh dunia," kata Ketua Dewan Komisioner Lembaga LPS, Halim Alamsyah kepada awak media di The Ritz-Calton, Nusa Dua, Bali.

Baca juga: LPS Perkuat Kesiapan Pelaksanaan Resolusi Bank

Halim menjelaskan, seminar internasional tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun dengan mengangkat berbagai tema. Seminar ini diharapkan sebagai wadah baik otoritas LPS dari berbagai negara/internasional untuk berbagai pengalaman.

"Seminar ini dalam rangka melakukan tukar menukar pengalaman dan informasi di bidang resolusi bank dan program penjaminan simpangan masyarakat di bank," ujarnya.

Dia menyebutkan, dalam kesempatan ini hadir sejumlah peserta seminar dari LPS berbagai negara. Seperti LPS Turki, Korea, Malaysia, Thailand, Laos, Hong Kong, India, dan Toronto Center.

Baca juga: LPS: Tren Kenaikan Bunga Simpanan Mulai Berakhir

Kemudian dari Asosiasi Internasional Penjamin Simpanan atau The International Association of Deposit Insurers (IADI), bankir, dan para bankir.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini membahas dan mengulas seputar ekonomi global hingga langkah bank melakukan resolusi.

"Total peserta kurang lebih ada 200 orang dan ini memang dalam lingkup bidang keuntungan dan perbankan. Topik kali ini membahas tiga hal," sebutnya.

Dikatakannya, selain sebagai wadah berbagi pengalaman, seminar ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang ada LPS. Selain itu juga untuk mengenalkan tugas, fungsi, dan peran LPS dalam keuangan.

"Ini juga bagian dari upaya untuk mengenal LPS dalam menjaga peran aktif dalam menjaga stabilitas sistem keuangan baik di tinkat Indonesia, regional, maupun di tingkat dunia," imbuhnya.

Hingga saat ini, Indonesia dinilai paling berpengalaman untuk mengatasi kemungkinan terjadinya krisis di tanah perbankan. Pasalnya selama ini LPS rutin melaksana simulasi kondisi tersebut dalam berbagai kegiatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com