Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Kenaikan Harga Cabai Dongkrak Inflasi Agustus

Kompas.com - 23/08/2019, 16:13 WIB
Rina Ayu Larasati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menyampaikan inflasi di bulan Agustus dipengaruhi kenaikan harga cabai. Hal ini berdasarkan survei pemantauan harga oleh Bank Indonesia di minggu pertama Agustus 2019.

“Harga cabai merah menyumbang lebih dari separuh inflasi yaitu 0,15 persen,” Ucap Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di kompleks BI Jumat (23/08/2019)

Perry memprediksi tingkat inflasi sepanjang bulan Agustus mencapai 3,52 persen year-on-year (yoy). Artinya, inflasi Agustus ini akan lebih tinggi dari realisasi inflasi Juli 2019 lalu yakni 3,32 persen.

Baca juga: Kemarau Panjang Bikin Cabai Mahal hingga Ganggu Inflasi

Menurut dia, kenaikan harga cabai merah yang memicu inflasi bersifat temporer akibat pengaruh musim kemarau panjang.

“Hasil pemantauan dari 46 kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia, diperkirakan dalam dua bulan lagi akan ada kenaikan produksi,” ungkapnya.

Selain cabai, terdapat beberapa komoditas lain yang menyumbang inflasi di bulan ini, Antara lain emas perhiasan 0,07 persen, cabai rawit 0,05 persen, dan air minum PDAM 0,01 persen.

Baca juga: Apa Pengaruh Hari Raya Idul Adha terhadap Inflasi di Indonesia?

Sementara, komoditas yang menyumbang deflasi sepanjang Agustus diperkirakan tarif angkutan udara 0,09 persen, bawang merah 0,06 persen, serta beberapa jenis sayuran lainnya.

Perry mengaku pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian dan kementerian terkait lainnya untuk mengantisipasi pasokan komoditas pangan di tengah musim kemarau ini.

“Hasil pemantauan dari 46 kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia, diperkirakan dalam dua bulan lagi akan ada kenaikan produksi,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com