Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Wilayah Kerja Migas Tak Laku Dilelang

Kompas.com - 26/08/2019, 19:20 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan Pemenang Penawaran Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi (WK Migas) Konvensional Tahap II Tahun 2019.

Dari empat wilayah kerja migas yang ditawarkan, hanya satu yang diminati.

Keempat WK migas yang tak laku dilelang tersebut adalah, Bone, Kutai, West Ganal dan WK eks-produksi, yaitu West Kampar.

“Setelah diproses dan dievaluasi, Bone tidak ada pemenang, Kutai tidak ada pemenang, West Kampar tidak ada pemenang. Hanya West Ganal ada pemenang," ujar Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di kantornya, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Baca juga: Wilayah Kerja Migas Tak Laku, ESDM Tawarkan dengan Kontrak Bagi Hasil Kotor

Arcandra menambahkan, bagi tiga WK yang tak laku, pemerintah akan mengevaluasi dan ditawarkan kembali pada kesempatan lelang berikutnya.

“Tiga blok lain akan kita lelang ulang dalam round ke empat tahun ini. InsyaAllah akan kami umumkan dalam waktu dekat,” kata Arcandra.

Adapun WK West Ganal dimenangi oleh konsorsium yang terdiri dari tiga badan usaha, yakni ENI Indonesia, Pertamina, dan Neptune Energy Ganal.

“Nilai investasi komitmen pasti dari WK tersebut adalah sebesar 159.300.000 dollar AS dan bonus tanda tangan sebesar 30.100.000 dollar AS,” ucap dia.

Selain keempat WK tersebut, saat ini masih berjalan Lelang WK Migas Tahap III 2019 yang terdiri dari empat wilayah, yaitu East Gebang, Belayan I, West Tanjung I dan Cendrawasih VIII. Waktu akses Dokumen Lelang masih dibuka sampai dengan tanggal 18 Oktober 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com