Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongkrak Ekspor, Phapros Incar Pasar Amerika Selatan dan Afrika

Kompas.com - 26/08/2019, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Phapros Tbk (PEHA) bakal melakukan penerbitan saham baru (rights issue), sesuai dengan kesepakatan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Perseroan berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 862,75 juta lembar saham baru dalam simpanan atau setara dengan 28,76 persen dari modal dasar perseroan.

“Dana yang diperoleh, nantinya akan digunakan Phapros untuk pengembangan bisnis organik maupun anorganik. Seperti penambahan portofolio produk, investasi operasional perusahaan, pelaksanaan akuisisi, serta menambah modal kerja,” ujar Direktur Utama Phapros Barokah Sri Utami dalam keterangannya, Senin (26/8/2019).

Dalam rencana jangka panjang perseroan, Phapros berencana menjalin kerja sama strategis dengan pihak luar negeri dalam pengembangan alat kesehatan berteknologi tinggi serta pengembangan produk biologi.

Baca juga: Melantai di BEI, Ini Rencana Aksi Korporasi Phapros

Salah satunya adalah produk anti aging yang merupakan hilirisasi kerjasama dengan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Di sisi ekspor, Phapros juga berencana melebarkan sayapnya hingga ke Amerika Selatan dan Afrika.

Pada tahun 2019, Phapros berharap bisa tumbuh double digit baik dari sisi penjualan maupun laba.

Hingga semester I 2019 ini, kinerja Phapros terus tumbuh dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Penjualan meningkat di atas 35 persen dari yang semula di kisaran angka Rp 400 miliar pada semester I 2018, kini naik menjadi lebih dari Rp 550 miliar.

Di sisi lain, perseroan mencatatkan EBITDA dengan pertumbuhan di atas 25 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com