Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Sebut Inklusi Keuangan akan Tembus 60 Persen Tahun Ini

Kompas.com - 04/09/2019, 15:46 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyebut inklusi keuangan di Indonesia akan mengalami lonjakan pada tahun ini.

Inklusi keuangan mengacu kepada jumlah masyarakat yang tersentuh layanan keuangan.

Gubenur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, saat ini inklusi keuangan di Indonesia sebesar 51 persen dari jumlah populasi penduduk Indonesia dan akan bertambah tahun ini.

"Memang dulu-dulunya di bawah 40 persen dan sekarang naik 51 persen. Tahun ini bisa 60-an persen sekian," ujarnya di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Baca juga: Survei Aftech: Fintech Dorong Inklusi Keuangan

Perry mengatakan, peningkatan persentase inklusi keuangan masyakarat Indonesia didorong oleh tambahan penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah.

Bantuan itu yakni Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 10 juta keluarga dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk 15,6 juta keluarga.

Meski begitu, Perry menilai Indonesia masih memilih pekerjaan rumah yang besar dalam urusan peningkatan persentase inklusi keuangan.

"Tapi itu baru menyambungkan ke dunia keuangan baik melalui uang elektronik dan rekening bank. Sementara yang harus kita kembangkan usahanya," kata dia.

Baca juga: Transaksi Tunai Masih 76 Persen, BI Terus Genjot Inklusi Keuangan

Adapun cara lain dalam meningkatkan inklusi keuangan adalah dengan memanfaatkan layanan teknologi keuangan (fintech).

Menurutnya, itu adalah salah satu peluang besar fintech masuk untuk mengembangkan jutaan UMKM tersebut dengan pemberian pinjaman.

"Itulah potensi yang akan berkembang ke depan. Masalahnya bagaimana mengembangkan inovasi keuangan ekonomi dengan kepentingan stabilitas manajemen risiko, cyber maupun maraknya investor asing untuk masuk ke Indonesia," kata Perry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com