Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Uang Muka untuk Miliki Rumah Pertama, Instrumen Investasi Apa yang Paling Pas?

Kompas.com - 09/09/2019, 10:45 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda millenial yang sedang berniat untuk memiliki rumah pertama?

Jika Anda berencana membeli rumah pertama dengan menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dibutuhkan uang muka atau down payment menimal 20 perrsen dari harga rumah. Semakin besar DP yang disetorkan di awal, akan semakin ringan beban cicilan bulanan.

Chief Economist and Investmen Strategist PT Manulife Aset Manajemen Katarina Setiawan mengatakan, jika ingin memiliki rumah pertama, setidaknya Anda sudah memiliki target kapan dan berapa jumlah DP yang akan dibeyarkan sebelum menyisihkan uang untuk membayar DP tersebut.

Baca juga: Ingin Memiliki Rumah Pertama, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Lalu, instrumen investasi apakah yang paling pas untuk menyiapkan DP rumah pertama?

Katarina mengatakan, ketika menyimpan uang untuk pembayaran DP, hindari berinvestasi di pasar saham. Terutama, jika jumlah uang yang Anda targetkan akan digunakan dalam satu atau dua tahun ke depan.

"Investasi di pasar saham memang berpotensi untuk memberikan tingkat pengembalian investasi yang lebih tinggi dibandingkan investasi lainnya, namun sangat berfluktuasi dan risikonya sangat tinggi jika dananya ingin digunakan dalam jangka pendek," jelas Katarina dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Menurut dia, sebaiknya Anda menggunakan reksa dana pasar uang yang cocok untuk menyimpan dana investasi dalam jangka pendek. Selain memiliki tingkat risiko yang sangat rendah, reksa dana pasar uang juga likuid, bebas biaya transaksi, dan memberikan potensi imbal hasil yang lebih kompetitif dibandingkan tabungan dan deposito.

"Selagi Anda masih memiliki penghasilan, wujudkan impian untuk memiliki rumah tinggal. Siapkan keuangan Anda agar tidak ada penyesalan di kemudian hari," ujar dia.

Baca juga: Beli SBR008 untuk Investasi, Bayarnya Bisa Lewat E-commerce

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com