Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permata Bank Luncurkan Layanan Syariah lewat Platform Digital

Kompas.com - 10/09/2019, 14:11 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PermataBank meluncurkan layanan perbankan Syariah pada platform digital yang melengkapi aplikasi PermataMobile X menjadi The First Sharia Mobile Banking Super App.

Direktur Utama PermataBank, Ridha DM Wirakusumah mengatakan, Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, di mana lebih dari 84 persen dari total penduduk di Indonesia memeluk Islam.

Namun, tingginya jumlah penduduk muslim tidak seimbang dengan pangsa pasar perbankan lslam di Indonesia yang hanya 5,7 persen.

"Persentase tersebut relatif kecil apabila dibandingkan dengan negara-negara muslim Iainnya," kata kata Ridha di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Baca juga : Investor Asing Minati Bank Permata, Ini Kata OJK

Ridha mengungkapkan, berdasar pada Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia tahun 2017 yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pemahaman masyarakat terhadap bank berbasis syariah juga masih relatif rendah jika dibandingkan dengan bank konvensional.

Kondisi itulah yang membuat pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia sangat kecil.

"Faktor manfaat, fitur, accessibility dan kenyamanan seringkali menjadi pertimbangan bagi masyarakat urban untuk menggunakan jasa perbankan," tuturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com