Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Jangan Harap Ada Satria Piningit yang Bisa Selesaikan Semua Masalah

Kompas.com - 12/09/2019, 13:44 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, untuk memperbaiki kondisi perekonomian membutuhkan waktu yang tak sebentar.

Atas dasar itu, dia meminta masyarakat jangan berharap ada “Satria Piningit” yang mampu menyelsaikan permasalahan ekonomi dalam waktu sekejap.

“Jangan berharap ada Satria Piningit yang bisa menyelsaikan seluruh permasalahan (ekonomi). Jangan harap ada Satria Piningit, itu cuma ada di Disneyland,” ujar Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Baca juga : Rotasi Besar-Besaran, Sri Mulyani Minta Jajarannya Pikirkan Pemindahan Ibu Kota

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, saat ini Indonesia tengah menyiapkan beberapa upaya agar bisa bisa masuk kelima negara terbesar di dunia pada 2045.

Setidaknya, ada enam langkah yang dipersiapkan pemerintah Indonesia agar bisa mewujudkan hal tersebut.

Pertama, peningkatan sumber daya manusia. Kedua, pembangunan infrastruktur yang dapat menopang revolusi industri 4.0. Ketiga, penguatan desentralisasi fiskal, peningkatan investasi dan eskpor serta reformasi birokrasi.

“Diperlukan juga pengendalian resiko APBN yang sehat dan berkelanjutan, seperti pengendalian defisit dan rasio utang,” kata wanita kelahiran Palembang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com