Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malindo Air Jamin Tidak Ada Kebocoran Data Penumpang Lagi

Kompas.com - 19/09/2019, 21:38 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Managing Director Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro Adi memastikan tidak akan ada lagi kebocoran data penumpang maskapai Malindo Air. Langkah antisipasi terkait pengamanan data pun sudah dilakukan.

"Kami pastikan data penumpang tidak bocor lagi," kata Daniel kepada awak media di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Daniel mengungkapkan, setelah viral kebocoran data penumpang Malindo Air dalam pekan ini, pihaknya langsung menindaklanjutinya. Manajemen Lion Air Grup telah berkomunikasi dengan mitra yang selama ini mengamankan data-data perseroan.

"Begitu kejadian ini kami langsung menghubungi administrator, bikin jaminan lagi bahwa sekarang tidak ada lagi, dijamin tidak ada kebocoran data lagi. Sekarang jaminan baru dari pihak ketiga," terangnya.

Baca juga: Data Penumpang Bocor, Ini yang Dilakukan Lion Air Group

Dia menuturkan, hingga kini belum diketahui berapa banyak jumlah data penumpang yang bocor ke publik. Ini akan diinvestigasi setelah pihaknya melaporkan ke otoritas penegak hukum di Malaysia, termasuk pemerintah Indonesia lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Keminfo).

"Kami lapor, karena kami merasa jadi korban," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, data penumpang Malindo Air diduga bocor di forum pertukaran data, terbuka di dunia maya. Data itu diduga bocor selama satu bulan terakhir, namun baru diketahui oleh pihak Malindo Air pekan lalu.

"Kami baru mengetahui tentang kebocoran data ini minggu lalu," kata CEO Malindo Air, Chandran Rama Muthy, sebagaimana dikutip KompasTekno dari SCMP, Rabu (18/9/2019).

Adapun data-data penumpang Malindo Air yang bocor mencakup detail data pribadi yang tercantum di dalam paspor, alamat rumah, hingga nomor telepon.

Meski begitu, Chandran tidak membeberkan berapa jumlah penumpang yang data pribadinya terekspos.

Baca juga: Malindo Air Akui Ada Kebocoran Data Penumpang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com