Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

BRI Buka Pintu Jalin Kerja Sama dengan Startup Fintech

Kompas.com - 24/09/2019, 12:28 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk membuka pintu seluas-luasnya bagi startup yang bergerak dibidang financial technology (fintech) untuk menjalin kerja sama.

Kerja sama yang dimaksud, seperti mengembangkan produk Open Banking BRI atau platform digital milik BRI, yakni BRI Application Programming Interface (BRIAPI).

Hal tersebut diungkapkan Direktur Digital Teknologi Informasi dan Operasi Bank BRI, Indra Utoyo, saat menghadiri Indonesia Fintech Summit Expo (IFSE) 2019, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019).

"Kami sangat terbuka bagi startup fintech untuk melakukan hal tersebut," ucap dia sesuai keterangan rilis yang Kompas.com terima, Selasa (24/9/2019).

 

BRI Hackathon Digital Challenges

Keterbukaan ini, imbuh dia, telah BRI buktikan melalui kompetisi pengembangan layanan berbasis BRIAPI bernama BRI Hackathon Digital Challenges.

Ajang ini merupakan gelaran yang bertujuan menciptakan solusi dan inovasi terbaru guna membangun ekosistem digital di Indonesia.

Nantinya, BRI ingin membuka potensi kerja sama dengan sekitar 50 startup yang terpilih dalam event tersebut.

“Kami (BRI) ingin menantang para pengembang aplikasi agar melahirkan produk dan layanan baru bagi masyarakat,” jelas Indra.

Baca juga: BRI Sabet Penghargaan dari IDC Digital Transformation Awards 2019

Menilik bentuk kerja samanya, BRI melalui BRI Ventures akan berperan sebagai investor untuk membangun startup fintech terpilih yang fokus dan kuat pada pembentukan ekosistem.

Nilai investasi awal yang disiapkan BRI Ventures pun tidak sedikit, Indra mengatakan nilainya bisa mencapai 250 juta dollar AS.

"BRIAPI diharapkan bisa menjadi jembatan penghubung antara Bank BRI dan industri startup yang terus berkembang," ujar Indra.

Sekadar informasi, industri fintech kian tumbuh pesat di Indonesia apabila mengacu data yang dirilis Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

Baca juga: Dorong UMKM Naik Kelas, BRI Lakukan Program Clustering

Disebutkan, dari 235 startup fintech berbagai sektor pada 2018 lalu, sektor payment mencatatkan porsi terbesar mencapai 39 persen.

Kemudian diikuti oleh sektor lending atau pinjaman di angka 32 persen.

Dari jumlah tersebut, saat ini sudah terdapat berbagai fintech yang bekerja sama dengan Bank BRI, antara lain Gojek, Shopee, Tokopedia, Dana, Investree, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com