Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Cemas, Hari Ini Performa IHSG Terburuk di Asia

Kompas.com - 24/09/2019, 18:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

SINGAPURA, KOMPAS.com - Bursa saham Indonesia atau Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melorot lebih dari 1 persen pada Selasa (24/9/2019).

Melansir Reuters, aksi jual terjadi seiring kecemasan investor akan perlambatan ekonomi. Sementara, mayoritas bursa Asia lainnya mencatatkan kenaikan setelah sejumlah pejabat tinggi AS mengonfirmasi perundingan dagang dengan China akan dimulai pada bulan depan.

Sektor finansial dan barang konsumen mengalami penurunan terbesar pada IHSG. Saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) merosot 1,3 persen. Adapun saham PT Astra International Tbk (ASII) anjlok 2,3 persen.

Data yang dihimpun Reuters menunjukkan, IHSG telah melorot 2,2 persen dalam empat sesi setelah bank sentral mengingatkan bahwa perekonomian Indonesia terkena pukulan perlambatan ekonomi global dan memprediksi pertumbuhan 2019 berada di bawah nilai tengah 5-5,4 persen.

Baca juga: Demonstrasi di Sejumlah Kota Bikin IHSG Tergelincir

Sementara itu, analis DBS memprediksi, pertumbuhan ekonomi negara dengan perekonomian kedua terbesar di Asia Tenggara ini akan mengalami perlambatan. Alasannya, terjadi penurunan di sejumlah indikator kunci seperti penjualan semen, aktivitas manufaktur, dan pertumbuhan kredit.

Kondisi berbeda terjadi di sejumlah bursa Asia lain yang terangkat sentimen membaiknya hubungan antara AS dengan China terkait perang dagang. Namun, kenaikan yang terjadi dibatasi oleh data penurunan aktivitas bisnis dari zona Eropa.

Padahal, dua minggu sebelumnya, Bank Sentral Eropa mengumumkan kebijakan stimulus.

"Isu perdagangan akan berhadapan langsung dengan stimulus bank sentral dan investor sekali lagi berupaya untuk menebak yang mana yang akan menang," jelas Nick Twidale, director & co-founder Xchainge seperti yang dikutip Reuters.

Dia menambahkan, perkembangan perang dagang diprediksi akan menjadi pusat perhatian investor dalam beberapa sesi mendatang.

Baca juga: IHSG Diprediksi Bisa Tembus 6.800 hingga Akhir Tahun 2019

Indeks acuan Singapura, salah satu indeks yang paling terekspos perang dagang, mencatatkan kenaikan sebesar 0,4 persen.

Indeks saham Thailand dan Filipina juga menguat karena adanya harapan penurunan suku bunga oleh bank sentral masing-masing pada pekan ini.

Informasi tambahan saja, bank sentral Thailand akan mengadakan pertemuan rutin untuk meninjau kembali kebijakan mereka pada Rabu (25/9/2019).

Menurut analis ING, peluang pelonggaran kebijakan oleh bank sentral Thailand diperkuat setelah data output manufaktur pada Agustus jauh di bawah ekspektasi. (Barratut Taqiyyah Rafie)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Investor mencemaskan ekonomi Indonesia, performa IHSG terburuk di kawasan Asia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com