Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fly Over dan Underpass Akan Dibangun di 500 Pelintasan KA Tak Sebidang Jakarta-Surabaya

Kompas.com - 25/09/2019, 07:32 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menutup sekitar 500 lintasan tak sebidang dari Jakarta hingga ke Surabaya.

Hal tersebut dilakukan guna mendukung proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Sebab, jika masih terdapat lintasan tak sebidang, dikhawatirkan akan mengganggu laju dari moda transportasi tersebut.

“Kami ditugasi untuk memperbaiki tidak kurang dari 500 simpang tak sebidang,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Basuki menjelaskan, untuk menggantikan perlintasan tak sebidang tersebut, pihaknya akan membangun underpass, flyover dan jembatan penyeberangan orang (JPO).

Pengerjaan tersebut dilakukan usai Japan International Cooperation Agency (JICA) mulai melakukan survei persiapan pembangunan proyek tersebut.

“Kalau ini sudah jadi, Oktober 2020 study (JICA)selesai, mungkin 2 sampai 3 tahun selesai,” kata Basuki.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia dan Jepang melakukan pertemuan terkait tindak lanjut Proyek peningkatan kecepatan Kereta Api (KA) Jakarta –Surabaya pada hari ini, Selasa (24/9/2019) di Jakarta.

Dalam petemuan tersebut akan dilakukan penandatanganan “Summary Record on Java North Line Upgrading Project” antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.

Summary Record merupakan rumusan yang berisi kesepakatan kedua belah pihak terkat beberapa hal teknis. Di antaranya, lebar jalur, jenis konstruksi, sistem persinyalan, desain kecepatan dan jenis sarana perkeretaapian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com