Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coca-Cola Tak Khawatir Ada Diet Plastik, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 30/09/2019, 19:40 WIB
Rina Ayu Larasati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Coca-Cola Indonesia mengungkapkan tidak khawatir dengan gerakan diet plastik

Belakangan ini, berbagai pihak aktif mengampanyekan gerakan diet plastik, yaitu gerakan untuk mengurangi konsumsi penggunaan plastik sekali pakai.

"Kalau kami melihatnya, botol plastik ini kan sebenarnya bisa didaur ulang, jadi jangan disalahkan botolnya, tapi kebiasaan masyarakat untuk mengelolanya (mendaur ulang)," ucap Public Affairs and Communications Director Coca-Cola Indonesia Triyono Prijosoesilo di fX Sudirman, Jakarta Senin (30/9/2019) 

Saat ini Coca-Cola sedang aktif mengampanyekan gerakan daur ulang sehingga botol-botol PET akan memiliki nilai pakai kembali (second life) dari kemasan plastik bekas pakai.

"Pemakaian plastik yang berlebih yang tidak pada tempatnya, kami setuju untuk dikurangi," kata Triyono.

Baca juga: Investasi Rp 400 Miliar, Kemasan Coca-Cola Indonesia Ramah Lingkungan

Coca-cola sendiri juga mengurangi penggunaan plastik dengan mengurangi berat gram dari botol produk miliknya. 

Triyono kemudian menjelaskan esensi dari Circular Economy, di mana sampah-sampah plastik yang dibuang akan diambil oleh pengelola sampah informal (pemulung) untuk dijadikan pemasukan ekonomi. 

Total konsumsi plastik saat ini diprediksi sebanyak 5,66 juta metrik ton (millions of metric tons/MMT) dengan tingkat daur ulang plastik sebanyak 1,80 MMT.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Coca-cola Indonesia, DKI Jakarta sudah dapat mengolah 70 persen sampah botol PET yang ada dan 74 persen sampah kaleng atau aluminium. 

Baca juga: Coca-Cola Ajak Masyarakat Daur Ulang Plastik Kemasan

Saat ini Coca-Cola Indonesia sedang menerapkan visi World Without Waste melalui inisiatif Plastic Reborn yang akan menjadi payung dalam berbagai inisiatif keberlanjutan dalam penanganan sampah plastik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com