Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2025, Bandara Soetta Bisa Tampung 110 Juta Penumpang

Kompas.com - 09/10/2019, 16:46 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II menargetkan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang bisa menampung 110 juta penumpang per tahunnya di 2025.

Target tersebut baru bisa terealisasi setelah terminal 4 bandara tersebut telah dioperasikan. Pembangunan terminal 4 sendiri rencananya akan dilakukan pada 2021.

Terminal 1 dan 2 sudah jalan revitalisasi, terminal 3 sudah operasi penuh maksimal, terminal 4 akan hadir dengan 45 juta (penumpang). Jadi Bandara Soetta tahun 2025 sudah 110 juta (penumpang),” ujar Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (9/10/2019).

Baca juga: Garap Desain Terminal 4 Bandara Soetta, AP II Libatkan Penumpang

Awal menambahkan, jika hal tersebut terealisasi Bandara Soekarno Hatta akan sama dengan bandara-bandara besar lainnya di dunia.

“Contoh saja seperti di Daxing di Beijing,” kata Awal.

Kapasitas penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada 2018 sudah mencapai 67 juta orang. Sementara kapasitas normalnya hanya bisa menampung untuk 43 juta orang. 

Atas dasar itu, AP II akan membangun terminal 4 di bandara tersebut. Rencananya, terminal 4 dapat menampung 45 juta penumpang dalam setahunnya.

Nantinya, terminal 4 Bandara Soekarno Hatta akan dibangun di atas lahan seluas 120 hektar. Diperkirakan, proyek tersebut akan menelan dana sebesar Rp 11 triliun.

Baca juga: Railink Gencar Promosi untuk Gaet Lebih Banyak Penumpang KA Bandara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com