Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Asing Kelola Bandara Indonesia, Ini Tanggapan AP II

Kompas.com - 10/10/2019, 07:11 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah investor asing berminat mengelola bandara-bandara yang berada di Indonesia.

Menanggapi fenomena tersebut, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaludin mengaku tak takut bersaing dengan perusahaan asing dalam pengelolaan bandara.

“Biasa aja , memang harus sudah begitu. Saya rasa di situ pola kompetisi terjadi bagaimana membawa kebaikan di masing-masing layanan di bandara,” ujar Awaluddin di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (9/10/2019).

Awal menambahkan, dengan adanya kompetisi dengan operator asing akan membuat pengelola-pengelola bandara nasional terus memperbaiki layanananya. Hal tersebut akan memberikan dampak positif bagi penumpang bandara.

Baca juga: Bandara Labuan Bajo Akan Dikelola Singapura?

“Memang kan eranya era kompetisi. Dibmasa depan itu menurut saya eranya bukan di infrastructur competititon tapi di service base competition. Jadi even anda punya infrastruktur bagus, tapi kalau service Anda lemah, Anda juga tidak akan diterima pelanggan,” kata Awal.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia akan bekerja sama dengan Singapura di sektor transportasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, inisiatif Indonesia untuk melakukan kerja sama pendanaan proyek infrastruktur transportasi dengan Singapura seperti proyek Kereta Api (KA) Makassar-Parepare dan Bandara Labuan Bajo.

Nantinya, kerja sama itu melalui skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

“Berkaitan dengan Bandara Labuan Bajo, memang sedang dilakukan finalisasi kerja sama dengan Changi Singapura. Jika ini berhasil, maka ini menjadi satu hal yang baik dan diharapkan semakin meningkatkan pelayanan bandara di daerah yang menjadi destinasi wisata prioritas yang tengah dikembangkan pemerintah,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/10/2019).

Baca juga: Investor China hingga Perancis Minat Garap Bandara Singkawang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com