Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongkrak Investasi dan Ekspor, Menhub Minta Pelaku Usaha Sinergi

Kompas.com - 16/10/2019, 16:00 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi penyelenggaraan pameran Indonesia Transport Supply Chain & Logistics (ITSCL) sejak 16-18 Oktober 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta.

Event ini merupakan tempat berkumpulnya para pemain industri, asosiasi dan regulator untuk menumbuhkan inovasi, kerja sama serta pertumbuhan dari industri transportasi dan logistik.

Menhub sangat yakin kegiatan yang digelar tahunan ini akan berkontribusi mendongkrak investasi serta kegiatan ekspor nasional, sebab ada sinergitas yang terwujud.

"Satu kegiatan yang baik dilakukan Kadin (Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia) dalam rangka menunjang fokus pemerintah meningkatkan investasi dan ekspor," kata Budi di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Budi menuturkan, kegiatan ini sejalan dengan upaya Presiden Joko Widodo yang ingin mempercepat investasi hingga mendorong ekspor.

Baca juga: Kadin : Karena Perang, Tantangan di Sektor Transportasi Semakin Berat

Karena itu, Menhub meminta kepada para pengusaha dan stakeholder terkait untuk saling bahu membahu mewujudkan langkah pemerintah yang telah dicanangkan tersebut.

"Kita tahu juga ekonomi makro tidak begitu baik, oleh karenanya ada satu keharusan antara pemerintah dan swasta dalam hal ini Kadin untuk kolaborasi melakukan dukungan dan mengajak semua swasta untuk segera berbuat," tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Bidang Transportasi, Carmelita Hartoto menyampaikan bahwa kinerja sektor transportasi ke depan akan semakin berat.

Ini disebabkan oleh gejolak ekonomi dunia serta kondisi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

"Tantangan ke depan tidak mudah kinerjanya semakin berat melihat kondisi perang dagang AS dan China," kata Carmelita terpisah.

Carmelita menilai, dengan kondisi tersebut secara otomatis akan mempengaruhi kinerja sektor industri nasional.

Namun demikian, pihaknya tetap optimistis sektor transportasi akan terus tumbuh dengan adanya dukungan pemerintah serta stakeholder terkait, swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com