Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] 3 Pesawat Masih Di-Grounded | Perpisahan Menko Darmin

Kompas.com - 19/10/2019, 06:18 WIB
Bambang P. Jatmiko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu unit pesawat milik Garuda Indonesia dan tiga unit Sriwijaya Air masih di-grounded. Hal ini menyusul terjadinya keretakan di badan pesawat jenis Boeing 737 NG tersebut.

Berita itu menjadi yang terpopuler sepanjang hari kemarin, Jumat (18/10/2019). Sementara itu berita populer lainnya adalah soal perpisahan Menko Darmin Nasution. Berikut rangkuman berita terpopulernya:

1. Sampai Kapan 3 Pesawat Garuda dan Sriwijaya Air Dilarang Terbang?

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melarang terbang 3 pesawat Boeing 737 NG milik Garuda dan Sriwijaya Air karena adanya retakan di badan pesawat tersebut. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pesawat tersebut bisa saja beroperasi lagi. Namun, pemerintah kata dia akan menunggu rekomendasi Boeing.

"Sampai kapan di-grounded? Sampai nanti ada rekomendasi dari Boeing," ujarnya di Jakarta, Kamis (17/10/2019). Selengkapnya silakan baca di sini.

2. Sri Mulyani: Terima Kasih Pak Darmin, Kita Semua Kehilangan...

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. Hal itu disampaikan Sri Mulyani saat bincang santai bersama wartawan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

"Matur Nuwun, terima kasih Pak Darmin. Kita semua kehilangan...," ujarnya di hadapan Darmin dan sejumlah menteri. Bagi Sri Mulyani, sosok Darmin merupakan mentor yang baik sebab memiliki banyak pengalaman bekerja di pemerintahan. Mulai dari Dirjen Pajak hingga Menteri Perekonomian. Selengkapnya silakan baca di sini.

3. UMP 34 Provinsi Naik 8,51 Persen Tahun 2020, Berikut Daftar Lengkapnya

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memutuskan untuk menaikkan Upah Minimum Provinsi ( UMP) tahun 2020 sebesar 8,51 persen. Dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor B-m/308/HI.01.00/X/2019 tanggal 15 Oktober 2019 tentang Penyampaian Data Tingkat Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Produk Domestik Bruto Tahun 2019, kenaikan 8,51 persen itu berlaku untuk seluruh provinsi RI.

Dalam surat edaran itu juga disebutkan, angka 8,51 persen didasarkan pada data inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional 2019. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, inflasi nasional sebesar 3,39 persen dan pertumbuhan ekonomi nasional (PDB) sebesar 5,12 persen.

"Dengan demikian, kenaikan UMP dan/atau UMK Tahun 2020 berdasarkan data Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional yaitu 8,51 persen," tulis Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan dikutip Kompas.com, Jumat (18/10/2019). Selengkapnya silakan baca di sini.

4. Ada 197.117 Lowongan CPNS Dibuka Akhir Oktober 2019, Apa Saja?

Sebanyak 197.117 lowongan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) akan dibuka pada akhir Oktober 2019 ini. Adapun 197.117 formasi itu terdiri dari, Instansi Pusat 37.854 formasi (74 K/L) dan Instansi Daerah 159.257 formasi (467 Pemda).

“Ada dua jenis formasi yang dibuka yakni formasi umum dan formasi khusus (cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat),” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara Mohammad Ridwan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/10/2019).

Ridwan menjelaskan, pengumuman pendaftaran dijadwalkan akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November 2019, yang diawali dengan penetapan formasi CPNS 2019 kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. Selengkapnya silakan baca di sini.

5. Ekonom: Sri Mulyani Cocok Jadi Menko Perekonomian, Dia Punya Wibawa, Aura Kuat…

Ekonom dari Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Piter Abdullah menilai Menteri Keuangan Sri Mulyani merupakan sosok yang paling cocok jadi Menteri Koordinator Perekonomian di Kabinet Kerja Jilid 2.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu dinilai memiliki semua syarat yang dibutuhkan menjadi seorang menteri coordinator di bidang ekonomi.

“Punya pamor, wibawa, aura yang kuat untuk dia bisa kendalikan semua bala tentaranya menteri-menteri ekonomi,” ujar Piter di Jakarta, Kamis (17/10/2019). “Jadi saya lihat Ibu Sri Mulyani cocok jadi Menko Perekonomian,” sambungnya. Selengkapnya silakan baca di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com