Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Ingin Bandara Kertajati Jadi Pusat Logistik E-Commerce

Kompas.com - 19/10/2019, 20:50 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka akan dijadikan pusat logistik untuk barang-barang e-commerce.

“Sekarang sedang kita rintis Kertajati sebagai pusat e-commerce. Jadi kan kita ini banyak yg beli jeans, kacamata, pakaian online, nah distribusinya itu akan dilakukan di Kertajati, tidak di Soekarno Hatta lagi,” ujar Budi di Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Budi mengaku rencana tersebut telah diberitahukan kepada Presiden Joko Widodo. Tak hanya itu, Budi juga telah melakukan pembicaraan dengan para investor.

“Kita sudah bicara dengan investor dalam negeri dan luar negeri, AP II sedang rintis ini jadi pusat logistik. Kita bicarakan, kemarin saya lapor ke presiden,” kata Budi.

Baca juga : Jika Tak Jadi Menteri Lagi, Budi Karya Mau Jualan Pempek

Budi Karya mengaku selalu ditanya soal perkembangan Bandara Kertajati oleh Presiden Jokowi.

“Hampir dua Minggu sekali beliau (Jokowi) telpon saya. Saya jelaskan bahwa Kertajati adalah satu bandara yang memiliki masa depan yang luar biasa,” ucap dia.

Pusat logistik di perimeter Bandara Kertajati saat ini tersedia di atas lahan seluas 20 hektar. Kargo Bandara Kertajati untuk penyedia layanan domestik mulai dioperasikan April 2019 oleh PT Angkasa Pura Kargo (APK).

Sementara itu, penyedia layanan internasional mulai dibuka sejak Mei 2019 dan dioperasikan oleh PT Jasa Angkasa Semesta (JAS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com